Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menyerahkan hadiah kepada Matthew Zenovich. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menyerahkan hadiah kepada Matthew Zenovich. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan

Pembalap Selandia Baru Kuasai Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen

Olahraga itdbi banyuwangi
Tri Kurniawan • 28 September 2017 18:48
medcom.id, Banyuwangi: Matthew Zenovich, pembalap yang bergabung di tim St. George Continental, memenangi etape 2 International Tour de Banyuwangi-Ijen (ITdBI) 2017. Sedangkan Davide Rebellin berhasil mempertahankan jersey kuning dan jersey polkadot.
 
Etape 2 dari Dusun Kakao di Kecamatan Glenmore menuju kantor bupati Banyuwangi. Jarak tempuh etape 2 sejauh 180,9 kilometer, lintasan paling panjang dalam gelaran ITdBI tahun ini.
 
Klik: Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen Dibuka dengan Minum Cokelat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejak sekitar 2 kilometer dari garis start, 10 pembalap, yakni Hiroshi Tsubaki dari Kinan Cycling Team, Lim Rustom (7-Eleven), Imam Arifin (KFC), M. Abdurrachman (KFC), M. Rajablou (Pishgaman), Phuchong Saiodumsin (Thailand Continental), M. Fitri Saharil (Sapura), Jahir Peres Munos (Sapura), Nick Miller (CCN), dan Jamalidin Novardianto (PGN), sudah berpisah dari rombongan pembalap lainnya.
 
Komposisi pembalap mulai berubah setelah tanjakan di Sragi atau 54,1 kilometer menjelang finish. Zenovich merangsek ke depan bersama Rajablou dan Saharil. Di belakang mereka ada dua rombongan dengan selisih waktu cukup jauh.
 
Zenovich mengatakan, 300 meter menjelang finish sangat menentukan kemengannya. Di titik itu, ia berhasil memenangkan pertarungan dengan Rajablou dan Saharil. Hingga garis finish, ia unggul 0,1 detik dari Rajablou dan 28 detik dari Saharil.
 
Pembalap Selandia Baru Kuasai Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen
Zenovich saat mencapai garis finish. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
 
Zenovich yang baru kali ini mengikuti balap sepeda di Indonesia mengatakan, etape 2 sangat panjang. Hawa panas semakin menguras tenaga. Tapi, pria asal Selandia Baru itu coba bertahan dan fokus memacu sepeda.
 
"Saat di tanjakan, ketika kurang dua kilometer saya masih di posisi kedua. Saya berpikir ini masih ada kesempatan, saya terus mengejar hingga finish," kata Zenovich usai balapan, Kamis 28 September 2017.
 
Jamalidin sempat memimpin balapan hingga Dusun Sendang Rejo, Desa Kebon Dalem, Kecamatan Bangorejo. Setelah itu, posisinya melorot. "Cuaca panas, banyak tikungan, tanjakan, jalannya keriting, dan angin besar," ujar Jamalidin.
 
Pembalap Selandia Baru Kuasai Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen
Jamalidin di posisi depan. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
 
Davide Rebellin, pembalap asal Italia yang kemarin menjuarai etape 1, hari ini finish di posisi 32. Ia mencatatkan waktu 4 jam 28 menit dan 54 detik. Meski demikian, jersey kuning dan jersey polkadot, tanda raja tanjakan, tetap ia pegang.
 
Sedangkan jersey hijau, tanda raja sprinter, disandang Zenovich. Aiman Cahyadi yang tergabung dalam Team Sapura Cycling menjadi pembalap terbaik Indonesia di etape 2 ini. Bambang Suryadi dari tim BRCC Banyuwangi menjadi pembalap terbaik di etape ini. Semakin lengkap karena BRCC juga menjadi tim terbaik Indonesia di etape 2.
 
Pembalap Selandia Baru Kuasai Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen
Chairman ITdBI 2017 Guntur Priambodo menyerahkan hadiah kepada Bambang Suryadi. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
 
Klik: Pembalap Kuwait-Cartucho.es Juara Etape 1 Tour de Banyuwangi-Ijen
 


 
(TRK)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif