Menpora: SKO Khusus Disabilitas akan Dihuni Atlet Terbaik
Menpora Imam Nahrawi saat menghadiri buka bersama dengan atlet Asian Para Games 2018 di Karanganyar, Jumat, 25 Mei 2018. (Foto: medcocm.id/Pythag Kurniati)
Karanganyar: Indonesia akan segera memiliki Sekolah Khusus Olahraga (SKO) bagi atlet-atlet penyandang disabilitas. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengemukakan, dibentuknya SKO yang bakal menampung putra-putri terbaik bangsa itu merupakan arahan dari Presiden Jokowi.

"Isinya (atlet-atlet penyandang disabilitas) dari seluruh penjuru tanah air," ungkap Menpora kepada wartawan, Jumat, 25 Mei 2018.

Imam melanjutkan, dibentuknya SKO bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Para atlet muda penyandang disabilitas yang terpilih, akan menjalani latihan sekaligus pendidikan di sekolah khusus itu.

Baca: Jaring Atlet Difabel Berprestasi, Pemerintah Buka SKO Khusus Disabilitas


Kota Solo, lanjutnya, dipilih sebagai pilot project SKO bagi atlet penyandang disabilitas. "Solo dijadikan rujukan masyarakat dunia karena atlet-atlet disabilitas bisa ber-Pelatnas," imbuh Menpora.



Prestasi tersebut, lanjut Imam, perlu diimbangi dengan regenerasi atlet yang baik melalui pendidikan tersistem. "Pendidikan harus seimbang dengan latihan, maka SKO ini penting dibentuk," beber dia.

Menpora memastikan, SKO khusus atlet penyandang disabilitas mulai dibuka tahun ini, tepatnya pada Juli 2018 di Kota Solo. Meski pada tahap awal SKO ini belum memiliki gedung khusus, Imam menegaskan secara bertahap pihak-pihak terkait bakal mulai mempersiapkan bangunan yang akan difungsikan sebagai SKO.

"(Bangunan) fisiknya gampang. Nanti kita bahas dengan Kemendikbud dan pemerintah kota," pungkasnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Preview Final Liga Champions: Cetak Gol Lebih Dulu, Liverpool Berpeluang Juara





(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360