Logo turnamen Wimbledon. AFP/AELTC/Jon Super
Logo turnamen Wimbledon. AFP/AELTC/Jon Super

Federasi Tenis Belarusia Ambil Langkah Hukum Usai Atlet Mereka Diboikot Wimbledon

Olahraga tenis wimbledon rusia Belarusia
Adri Prima • 22 April 2022 16:11
Jakarta: Federasi Tenis Belarusia (BTF), bakal menempuh langkah hukum menyusul petenis mereka dilarang tampil di Wimbledon. Seperti diketahui, atlet Belarusia dan Rusia dilarang tampil di kejuaraan sebagai sanksi atas serangan Rusia ke Ukraina. 
 
Meski demikian, menurut BTF larangan bertanding petenis Belarusia dan Rusia tidak akan menyelesaikan konflik namun akan memicu kebencian dan intoleransi. Pasalnya olahraga merupakan salah satu media untuk mengkampanyekan perdamaian.
 
"Federasi Tenis Belarus dengan tegas mengecam keputusan yang diambil oleh penyelenggara Wimbledon untuk melarang petenis Belarusia dan Rusia tampil di turnamen itu," ungkap BTF dalam pernyataan resmi dikutip dari AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keputusan itu sama sekali tidak berkontribusi pada penyelesaian konflik namun hanya akan memicu kebencian dan intoleransi pada tingkat nasional," lanjut pernyataan BTF.
 
BTF juga mengecam rencana pemerintah Inggris yang akan memaksa petenis Rusia dan Belarus untuk menandatangani pernyataan mengecam perang di Ukraina sebagai syarat untuk berlaga di Wimbledon. 
 
"Apa yang mereka lakukan menunjukkan kebodohan dan keteledoran. Keputusan ilegal yang diambil oleh organisasi tenis dunia terkait atlet kami jelas mencoreng oganisasi itu sendiri dan menunjukkan ketidakmampuan mereka mengambil keputusan yang tepat," tegas BTF. 
 
Sementara itu, adapun petenis Belarusia yang terancam absen akibat larangan itu antara lain petenis peringkat empat dunia Aryna Sabalenka, semifinalis Wimbledon tahun lalu, serta mantan petenis nomor satu dunia Victoria Azarenka. Azarenka, 32, berhasil mencapai semifinal Wimbledon pada 2011 dan 2012. 
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif