Tim SUP Id-BP Jamsostek meraih medali perak pada ajang Singapore Open Cup (SOC) 2019 (Foto:Dok)
Tim SUP Id-BP Jamsostek meraih medali perak pada ajang Singapore Open Cup (SOC) 2019 (Foto:Dok)

Atlet SUP Id-BP Jamsostek Raih Medali Perak Pada SOC 2019

Olahraga Berita BPJS Ketenagakerjaan
Anggi Tondi Martaon • 06 November 2019 14:16
Jakarta: Tim SUP Indonesia (SUP Id) dengan dukungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) mencetak prestasi pada kejuaraan Stand Up Paddle (SUP) internasional. Teranyar, tim SUP Id-BP Jamsostek meraih satu medali pada ajang Singapore Open Cup (SOC) 2019.
 
Kejuaraan yang digelar pada 2-3 November di Siloso Beach, Sentosa Island, Singapura, itu merupakan event terbesar yang rutin digelar setiap tahun dengan beberapa kategori perlombaan yakni kano, kayak, dan stand up paddle.
 
Deputi Direktur Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja mengatakan, keikutsertaan pada ajang SOC 2019 merupakan kolaborasi dengan SUP Id. Kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan pembinaan dan pengembangan atlet.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Para atlet merupakan duta bangsa yang mengharumkan nama bangsa pada setiap prestasi yang ditorehkan. Melalui SOC, kami bersama SUP Id ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa selain keindahan alam baharinya yang luar biasa, Indonesia juga memiliki atlet SUP yang dapat bersaing di tingkat dunia,” kata Utoh dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 November 2019.
 
Pada SOC 2019, BP Jamsostek mengirimkan empat atlet. Mereka mengikuti semua kelas untuk kategori SUP, yaitu Women Short Course 8 km, Women Long Course 15,5 km, Men Short Course 8 km, dan Men Long Course 15,5 km.
 
Komposisi atlet SUP Id-BP Jamsostek yang diterjunkan yaitu Tedy Belitung di kelas Men Short Course 8 km), Lucas Gallu Beko di dua kelas yaitu Men Short Course dan Men Long Course, Tiffany Vinsky Veronica di kelas Women Short Course 8 km, serta Yuliani Keyla di kelas Women Long Course 15,5 km.
 
Official Tim SUP Indonesia Ryco mengatakan, ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh atlet Indonesia. Selain pertama kali mengikuti even SOC, kondisi lintasan juga menjadi tantangan terberat yang harus dihadapi.
 
Atlet SUP Id-BP Jamsostek Raih Medali Perak Pada SOC 2019
LucasGallu Beko berhasil menyabet medali perak pada ajang SOC 2019 di kelas Men Short 8 km (Foto:Dok)
 
Ryco menjelaskan, lintasan yang digunakan merupakan rute perlintasan kapal penyeberangan Batam-HarbourFront. Kondisi tersebut membuat perairan di lintasan menjadi lebih bergelombang.
 
"Merupakan tantangan tersendiri bagi atlet SUP Id untuk menaklukkan rute yang ditetapkan oleh penyelenggara, mengingat tim kami belum terbiasa dengan kondisi laut Singapura yang hampir setiap lima menit dilalui kapal Ferry penumpang dari dan menuju ke Batam,” ujar Ryco.
 
Keluar sebagai pemenang untuk kategori Women Short Course 8 km yaitu Sue Lyn Yong (Singapura), juara kedua diraih Chatarina Tjahja (Indonesia), dan Eva Joseva di posisi ketiga. Sedangkan, Tiffany harus puas finish pada posisi kelima.
 
Semantara, di kelas Women Long Course 15,5 km, Keyla bersama peserta lainnya harus dievakuasi karena cuaca dan ombak yang sangat membahayakan.
 
Pada kategori Men Short Course 8 km, atlet SUP Id Lucas berhasil menyabet medali perak. Pada kelas ini juara pertama diraih atlet tuan rumah Singapura dan juara ketiga diraih I Ketut Pande (Indonesia). Atlet SUP Id lainnya, Tedy, finish pada posisi keenam.
 
Pada kelas Men Long Course 15,5 km, Lucas yang kembali berlaga mampu menuntaskan perjuangannya dengan finish pada urutan keenam. Kategori ini dimenangkan oleh juara dunia asal Hungaria Daniel Hasulyo.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif