Logo turnamen Wimbledon. (VOISHMEL / AFP)
Logo turnamen Wimbledon. (VOISHMEL / AFP)

Petenis Rusia Dilarang Tampil di Wimbledon

Olahraga tenis wimbledon Olahraga
Kautsar Halim • 20 April 2022 18:52
Jakarta: Petenis Rusia tidak akan diizinkan untuk berkompetisi di ajang Wimbledon yang merupakan event Grand Slam ketiga musim ini. Keputusan itu diambil pihak penyelenggara sebagai bentuk protes invasi militer Rusia ke Ukraina.
 
All England Club merupakan organisasi tenis pertama yang menolak keikutsertaan atlet Rusia secara langsung. Padahal sebelumnya, ATP, WTA dan Federasi Tenis Internasional masih mengizinkan petenis Rusia serta Belarus untuk terus berkompetisi dengan syarat tidak mengibarkan bendera nasional dan lagu kebangsaan. 
 
Selain itu, Rusia dan Belarus juga telah dilarang mengikuti kompetisi tenis beregu seperti Piala Davis dan Piala Billie Jean King.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan adanya kabar ini, petenis peringkat dua dunia Daniil Medvedev dan peringkat delapan dunia Andrey Rublev dipastikan absen dari nomor tunggal putra Wimbledon karena keduanya sama-sama berasal dari Rusia.
 
Untuk nomor tunggal putri, terdapat petenis peringkat ke-15 Anastasia Pavlyuchenkova, peringkat ke-26 Daria Kasatkina dan peringkat ke-29 Veronika Kudermetova yang kena imbas aturan baru tersebut.
 
Namun seperti dilansir Reuters, aturan tersebut belum pasti diberikan kepada para petenis Belarus yang sempat menunjukkan dukungan politik terhadapi presiden Rusia Vladimir Putin. Misalnya peringkat empat dunia Aryna Sabalenka dan peringkat ke-18 Victoria Azarenka. 
 
Sebelumnya, pejabat pemerintah Inggris sempat dikabarkan melakukan pembicaraan dengan asosiasi tenis lapangan rumput All England Club guna mempertimbangkan aturan larangan bermain bagi atlet Rusia. Namun sepertinya, langkah itu belum menunjukkan hasil positif.
 
"Kami sedang dalam dialog yang sangat dekat dengan All England Club, pemerintah dan tur," kata kepala eksekutif Asosiasi Tenis Lapangan Rumput (LTA) Steve Lloyd bulan ini.
 
"Kami sangat menyadari sentimen publik di area ini. Kami mencoba untuk menavigasi seperti apa yang perlu terlihat dalam acara musim panas di Inggris tahun ini," tambahnya. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif