Hamida Nasihati, istri Khoiful Mukhib, peraih medali emas balap sepeda gunung di Asian Games 2018-Medcom.id/Rhobi
Hamida Nasihati, istri Khoiful Mukhib, peraih medali emas balap sepeda gunung di Asian Games 2018-Medcom.id/Rhobi

Cita-cita Mukhib, Atlet Peraih Emas Sepeda Gunung

Olahraga olah raga balap sepeda asian games 2018
Rhobi Shani • 23 Agustus 2018 19:07
Jepara: Salah satu atlet Indonesia peraih medali emas Asian Games 2018 adalah Khoiful Mukhib, atlet balap sepeda gunung. Sebelum jadi atlet balap sepeda gunung, Mukhib adalah pebalap sepeda BMX. Sejak kecil Mukhib bercita-cita jadi pebalap sepeda.
 
Ditemui di rumahnya di RT 2 RW 2 Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Hamida Nasihati, istri Khoiful Mukhib menceritakan, dia tak tahu pasti kapan suaminya menjadi pebalap profesional. Yang dia ketahui, Mukhib sejak kecil memang bercita-cita menjadi pebalap sepeda.
 
Karir Mukhib di dunia balap sepeda dimulai saat dirinya menggandrungi balap sepeda BMX. Hamida pun mengenal Mukhib saat masih menjadi atlet balap sepeda BMX.

Baca juga: Update Klasemen Medali: Indonesia Masih Terpaku di Posisi Kelima

“Dulu kenalnya ya, di Sukodono (desa asal Hamida). Dia sering berlatih dan bertanding di sana. Terus ada yang menawari untuk terjun di balap sepeda gunung downhill. Ternyata di downhill malah prestasinya bagus,” ujar istri Mukhib yang tengah hamil 9 bulan, Kamis 23 Agustus 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika suaminya meraih medali emas di Asian Games 2018, Hamida mengaku bangga. Meski kerap ditinggal suaminya dalam waktu cukup lama saat hamil. Mukhib kerap meninggalkannya untuk mengikuti pertandingan dan mengikuti pemusatan latihan jelang Asian Games.
 
“Sudah sebulan sejak sebelum Asian Games, Mas Mukhib tidak pulang. Sebelumnya beberapa kali juga harus pergi untuk latihan dan ikut kejuaraan. Padahal saya tengah hamil. Tapi sudah terbayarkan dengan hasil medali emas,” kata Hamida sembari menunjukan foto-foto pernikahannya dengan Mukhib setahun lalu.

Baca juga: Indonesia Berpeluang Tambah Emas Lewat Jetski

Sambil sesekali senyum dan berulang kali berpindah posisi duduk karena tengah mengandung sembilan bulan, Hamida mencari beberapa foto suaminya saat berlaga di sejumlah kejuaraan balap sepeda gunung di nomor downhill. Tak banyak foto dokumentasi saat suaminya berlaga sebagai atlet andalan Indonesia.
 
Hamida mengungkapkan, Mukhib yang lahir pada 15 Desember, 28 tahun silam, merupakan anak ketiga dari pasangan Afandi dan Farokhah. Ia lahir di Desa Bawu, 10 kilometer dari pusat Kota Jepara.
 
Mukhib yang tercatat sebagai atlet downhill di tim Prima 76 Team, sudah menelurkan banyak prestasi, baik nasional maupun internasional. Di antaranya, di ajang PON Jabar dua tahun lalu ia membawa pulang perak bagi kontingen Jateng.
 
Video: Jafro Megawanto Raih Emas Ketujuh untuk Indonesia

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif