Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi (Foto: MI/Adam Dwi)
Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi (Foto: MI/Adam Dwi)

Indonesia Bakal Turunkan Atlet Muda di SEA Games

Olahraga sea games berita kemenpora
Patrick Pinaria • 07 Januari 2019 18:47
Jakarta: Indonesia tampaknya tidak memasang target muluk untuk SEA Games 2019. Karena itu, pemerintah akan lebih mengandalkan para atlet junior ketimbang atlet senior untuk tampil pada pesta olahraga bergengsi di Asia Tenggara tersebut.
 
Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, persentase atlet muda Indonesia yang turun pada SEA Games di Filipina itu mencapai 60 persen. Adapun atlet senior hanya mencapai 40 persen.
 
Keputusan itu dibuat bukan tanpa alasan. Sebab, pemerintah ingin fokus untuk mematangkan persiapan atlet-atlet senior tampil di Olimpiade 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Marquez Diyakini Tetap Sukses Meski Pindah dari Honda
 
"Ini untuk memberikan suasana keunggulan dan kompetisi yang lebih baik lagi bagi atlet junior. SEA Games tidak lagi menjadi patokan bagi Indonesia untuk juara atau menempati peringkat. SEA Games adalah batu loncatan bagi atlet menuju Asian Games dan Olimpiade," ujar Imam setelah menggelar rapat persiapan Pelatnas dan Percepatan Prestasi Olahraga Nasional di Jakarta, Senin (7/1/2019).
 
Bahkan, Imam mengaku anggaran-anggaran untuk persiapan Indonesia menuju Olimpiade 2020 akan digarap secepat mungkin. Termasuk dalam menyediakan anggaran untuk pemusatan latihan nasional atlet-atlet Indonesia.
 
Baca: PBSI Kota Malang Siap Menghelat Kejuaraan Internasional
 
"Ini akan menjadi kesempatan untuk nomor-nomor unggulan Indonesia menuju Olimpiade karena terbiayai dengan baik dan dapat mengikuti sejumlah uji coba ke luar negeri," kata Menpora.
 
"Sekarang sudah ada 30 persen cabang-cabang olahraga yang mengajukan proposal pelatnas. Kami masih menunggu 70 persen cabang-cabang lain untuk menyampaikan proposal tahun anggaran 2019 sehingga pelatnas dapat berjalan pada akhir Januari," tambahnya.
 
SEA Games 2019 akan digelar di Filipina. Pesta olahraga terbaik di Asia Tenggara itu akan berlangsung pada 30 November hingga 1 Desember. (Ant)
 

Video: Lalu Zohri, Berlari Kejar Prestasi (1)
 

 

(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif