Jordan Clarkson-INASGOC ANTARA/ROCKY PADILA
Jordan Clarkson-INASGOC ANTARA/ROCKY PADILA

NBA Izinkan Pemainnya Ikut Asian Games 2018

Olahraga bola basket olah raga asian games 2018
Gregorius Gelino • 20 Agustus 2018 17:25
Jakarta: National Basketball Association (NBA) memberikan izin bagi pemain keturunan Asia yang mengikuti liga kompetisi basket terbesar di dunia ini, untuk mengikuti Asian Games 2018. 

Clarkson telah berada di Jakarta untuk membela timnas basket putra Filipina, namun karena belum mendapat izin dari NBA, Clarkson tidak tampil ketika timnas Filipina menggasak Kazakhstan di pertandingan pertama, Kamis 16 Agustus lalu.

Sebelumnya, NBA melarang pemain Cleveland Cavaliers tersebut untuk membela Filipina di ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut. Namun petinggi NBA akhirnya melunak dan memberikan izin bagi pemain keturunan Asia yang ingin membela negaranya di Asian Games seperti Clarkson, dua pemain asal Tiongkok, yaitu center Zhou Qi (Houston Rockets) dan forward Ding Yanyuhang (Dallas Mavericks).

Baca juga: Sri Wahyuni Gagal Tambah Pundi Emas Indonesia

NBA menarik keputusannya setelah lobi dari ofisial Filipina kampanye di media sosial oleh warga Filipina yang menginginkan Clarkson tampil membela Gilas Pilipinas, julukan timnas basket Filipina, di Asian Games 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Clarkson mengaku senang dengan keputusan NBA yang mengizinkannya untuk membela negara asal neneknya tersebut. Ia menuturkan bahwa basket semakin berkembang di Asia, meski sepak bola masih menjadi primadona. "Saya rasa mereka (NBA) memahami bahwa di Asia, para anak mudanya sudah mulai bermain basket. Saya pikir NBA mempersilakan kami untuk melakukan hal yang bisa kami lakukan," tutur Clarkson seperti dikutip AFP.

"Saya tahu sepak bola masih menjadi olahraga terbesar. Tapi jika sepak bola ada di atas sana, saya rasa basket berada di bawahnya," papar guard berusia 26 tahun tersebut.

Video: Jelang Laga Hidup Mati Tim Garuda Muda
 


(RIZ)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi