Mike Tyson-AFP/James Gilbert
Mike Tyson-AFP/James Gilbert

Kontroversi Kemenangan KO Mike Tyson Saat Terakhir Juara

Olahraga olah raga tinju kelas berat
Medcom • 03 Juni 2020 08:36
Tyson sebenarnya harus berhadapan dengan penantang nomor satu veris WBC, Lennox Lewis. Duel tersebut sudah diplot untuk siapapun yang memenangkan laga Tyson-Bruno
 
Jakarta: Pertarungan Bruce Seldon vs Tyson yang disebut sebagai duel "Liberation" adalah pertandingan tinju profesional yang digelar pada 7 September 1996 untuk perebutan kejuaraan kelas berat WBA. Pertarungan itu merupakan bagian dari acara bayar per tayang yang diproduksi Don King Productions dan dilanjutkan dengan bayar per tayang oleh Showtime.
 
Bruce Seldon sebelumnya tidak terkenal. Gelar WBA Seldon didapat saat dirinya sukses menjungkalkan petinju tua Tony Tucker, yang sebelumnya dijadwalkan bertarung melawan George Foreman, namun ditolak Foreman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WBA kemudian mengorganisir pertarungan antara Tucker dan Bruce Seldon untuk menentukan juara Kelas Berat WBA. Seldon mampu mengalahkan Tucker dengan keputusan teknis pada ronde ketujuh karena mata Tucker bengkak.
 
Sejak dibebaskan dari penjara 1995, Mike Tyson telah memenangkan ketiga pertarungannya dan mendominasi. Tyson menang mudah atas petinju tak dikenal, Peter McNeeley dan Buster Mathis, Jr. Kemudian Tyson meraih gelar kelas berat WBC usai mengalahkan Frank Bruno dengan KO di babak ketiga.
 
Tyson sebenarnya harus berhadapan dengan penantang nomor satu versi WBC, Lennox Lewis. Duel tersebut sudah diplot untuk siapapun yang memenangkan laga Tyson-Bruno. Alih-alih menghadapi Lewis, Tyson membayar Lewis USD4 juta untuk menyingkir, dan membiarkan Tyson menghadapi Seldon untuk merebut gelar kelas berat WBA.
 
Di laga tersebut, Tyson memang mudah dengan KO di ronde pertama dan menjadi salah satu laga terpendek dalam sejarah tinju, yakni 1 menit 49 detik. Awalnya kedua petinju bertarung agresif. Hanya saja, saat laga sudah memasuki 1 menit 13 detik, Seldon roboh oleh serempetan pukulan kanan Tyson di bagian atas kepala.
 
Seldon sempat menjawab hitungan wasit pada hitungan ke-8. Saat melanjutkan pertarungan, Tyson yang melancarkan hook kiri yang tidak terlalu keras, namun sukses membuat Seldon jatuh untuk kali kedua. Seldon bangkit namun tidak mampu mempertahankan keseimbangannya. Wasit Richard Steele langsung menghentikan pertarungan dan memberi Tyson kemenangan KO.
 
Lantas, para penonton mulai curiga ada keanehan di laga. Penonton berpikir, Seldon mengalah agar Tyson memenangkan kejuaraan dan melanjutkan untuk menghadapi megaduel dengan Evander Holyfield. Saat di atas ring di wawancara Jim Gray, dan ditanya apakah Seldon benar-benar sengaja mengalah, Seldon mengaku tidak bersalah. Dia menjawab, "Saya tidak melatih 12 minggu untuk datang ke sini dan mengalah."
 
Seldon yang pensiun dari tinju, akhirnya kembali pada tahun 2004 pada usia 37. Sementara itu, Tyson yang secara resmi mengosongkan gelar WBC-nya dan melanjutkan pertandingannya yang dinanti dengan Holyfield untuk kejuaraan kelas berat WBA.
 
Tyson yang difavoritkan dengan rasio 6-1, justru kalah KO di ronde ke-11. Tyson kemudian mengadakan pertandingan ulang karena didiskualifikasi pada tahun 1997, serta baru menggelar pertandingan gelar kelas berat berikutnya pada tahun 2002 melawan Lennox Lewis. Bisa dibilang, pertandingan melawan Seldon menjadi kemenangan kejuaraan kelas berat terakhir Tyson.
 
Pertarungan Tyson vs Seldon menjadi penting kareba rapper Tupac Shakur, yang sebelumnya menonton pertarungan, beberapa jam kemudian ditembak mati hanya setelah berselisih dengan Crip Orlando "Baby Lane" Anderson di kasino. Shakur meninggal enam hari kemudian pada 13 September karena trauma balistik.
 
Video: BWF Umumkan Ketentuan Baru Kualifiaksi Olimpiade Tokyo 2020

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif