Suasana kunjungan Menpora Zainudin Amali ke Kepri. (Foto: Humas Kemenpora)
Suasana kunjungan Menpora Zainudin Amali ke Kepri. (Foto: Humas Kemenpora)

Menpora Nilai Wilayah Kepri Ideal untuk Sport Tourism

Olahraga olahraga kemenpora
Kautsar Halim • 22 November 2020 09:03
Kepri: Menpora Zainudin Amali menilai Kepulauan Riau (Kepri) sangat berpotensi dijadikan wilayah berkembangnya Sport Tourism atau Wisata Olahraga. Hal itu disampaikannya saat menghadiri jamuan makan malam Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin di Restoran Kelong Shangrila, Sabtu 21 November.
 
Zainudin berpendapat, Kepri cocok untuk berkembangnya sport tourism bahari karena wilayahnya dikelilingi lautan yang dikenal dalam peradaban sebagai Selat Malaka. Jadi, lokasi tersebut pasti menarik dijadikan sebagai sarana olahraga sekaligus tujuan pariwisata.
 
"Saya tadi mampir ke Lagoi, indah dan pasti banyak diminati. Contoh, Thailand saja yang dulu hanya mengandalkan pendapatan sektor hiburan sekarang sudah paket wisata dan olahraga. Negara kita lebih punya potensi karena sumber daya alam yang luar biasa," kata Zainudin dalam rilis yang diterima medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zainudin tampak senang dan optimistis dengan berkembangnya sport tourism di Kepri. Terlebih  ketika mengunjungi Treasure Bay Bintan dan Bintan Cakrawala Resort di Lagoi, Kabupaten Bintan. Menurutnya, pemandangan di sana sungguh luar biasa.
 
"Lagoi ini indah dan pasti banyak diminati. Apalagi sudah dirancang dengan berbagai fasilitas untuk bisa berolahraga juga," katanya.
 
Kepri terletak strategis di Selat Malaka karena berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Kamboja dan Vietnam, serta menjadi persinggahan lalu lintas perdagangan internasional. Meski pandemi covid-19 masih menyelimuti, Menpora yakin Kepri mampu bangkit jika memiliki paket pariwisata olahraga.
 
"Sekarang tinggal kita bagaimana meyakinkan negara-negara lain tentang penanganan covid-19. Jika mereka sudah percaya, di sini akan mudah karena jarak antar negara yang dekat," ucap Menpora.
 
Sebelumnya dalam sambutan selamat datang, Pjs Gubernur Kepri menyebutkan bahwa wilayahnya bakal mengadakan lomba olahraga air Dragon Boat atau Perahu Naga dalam waktu dekat. Dia yakin, event tersebut bakal diminati banyak wisatawan.
 
"Tanjungpinang ini dalam sejarahnya adalah pusat peradaban dan pusat perdamaian, semua bangsa lewat dan singgah di sini (Selat Malaka). Nanti akan ada Dragon Boat dan semoga menggeliatkan kembali olahraga dan perekonomian," tutur Pjs Bahtiar.
 
 
 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif