Komisi V Pastikan Kesiapan Infrastruktur Asian Games di Palembang

Anggi Tondi Martaon 07 Agustus 2018 16:54 WIB
berita dpr
Komisi V Pastikan Kesiapan Infrastruktur Asian Games di Palembang
6. Komisi V Pastikan Kesiapan Infrastruktur Asian Games di Palembang. (Foto: Dok. DPR)
Jakarta: Komisi V DPR RI mengecek langsung kesiapan infrastruktur Asian Games 2018 di Palembang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengawasan demi kelancaran penyelenggaraan pesta olahraga di Benua Asia tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Anton Sukartono Suratto, saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI meninjau Komplek Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

"Tujuan kunjungan kerja Komisi V ke Palembang ini untuk melihat seluruh pekerjaan infrastruktur yang nantinya akan mendukung penyelenggaran Asian Games. Secara keseluruhan sudah baik, kami sangat mengapresiasi,” kata Anton dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 Agustus 2018.


Dari semua persiapan yang dilakukan, Komisi V mengapresiasi pembangunan fasilitas Light Rail Transit (LRT) yang sudah beroperasi dengan baik. Bahkan, mitra kerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan itu mencoba langsung sarana transportasi baru tersebut.

"Kami sudah coba naik LRT. Nyaman dan sangat baik. LRT ini nantinya akan digunakan sebagai alat mobilitas para pengunjung dari bandara ke Jakabaring dengan jarak 23,4 kilometer dan estimasi waktu sekitar 45 menit, terdiri dari 13 stasiun,” katanya.

Selain itu, infrastruktur hunian bagi atlet di Jakabaring juga menjadi perhatian Komisi V DPR RI. Berdasarkan pantuan, Partai Demokrat itu menilai rumah susun (rusun) yang akan digunakan sebagai wisma atlet sudah baik karena dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, seperti sambungan listrik, saluran air bersih, serta meubelair.

“Kenyamanan bagi atlet sangat penting, makanya kami lakukan peninjauan ke setiap ruang. Secara keseluruhkan kami apresiasi, sudah baik. Semoga kenyamanan ini bisa mengantarkan atlet kita memberikan prestasi,” harap lehislator asal dapil Jawa Barat itu.

Apresiasi juga turut disampaikan Anggota Komisi V DPR RI Daniel Mutaqien Syaifuddin. Menurutnya, Palembang secara pengalaman memang sudah terbiasa menjadi tuan rumah event besar. 

"Dan dalam penyelenggeraan Asian Games 2018 ini saya melihat Palembang sudah sangat siap,” jelas politikus Partai Golkar itu.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan moment tersebut sebagai pertumbuhan ekonomi.

Dalam kunjungan kerja tersebut juga tersebut turut hadir sejumlah Anggota Komisi V DPR RI, diantaranya Yoseph Umarhadi (F-PDI Perjuangan), Mohammad Idam Samawi (F-PDI Perjuangan), Sadarestuwati (F-PDI Perjuangan), Muhidin M. Said (F-Golkar), Anthon Sihombing (F-Golkar), Sianitul Lativa (F-Golkar), Gatot Sudjito (F-Golkar), dan Ridwan Bae (F-Golkar).

Kemudian, Novita Wijayanti (F-Gerindra), Ida Bagus Putu Sukarma (F-Gerindra), Bahrum Daido (F-Demokrat), Jhoni Allen Marbun (F-Demokrat), Hartanto Edhie Prabowo (F- Demokrat), Bakri HM (F-PAN), Hana Gayatri (F-PAN), Intan Fitriani Fauzi (F- PAN), Mahfud Abdulrahman (F-PKS), Nurhasan Zaidi (F-PKS), Wardatul Asriah (F-PPP), Nurhayati (F-PPP), Sahat Silaban (F- Nasdem) dan Syarif Abdullah Alkadier (F-Nasdem).



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id