Asian Paragames 2018

Menpora Kaget Makanan Atlet Tenis Meja di Bawah Standar

A. Firdaus 13 Maret 2018 16:34 WIB
olahragaasian para games
Menpora Kaget Makanan Atlet Tenis Meja di Bawah Standar
Menpora Imam Nahrawi saat berkunjung ke Pelatnas atlet tenis meja-Medcom.id/A. Firdaus
Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kaget sekaligus terkejut saat mengunjungi pemusatan latihan nasional (Pelatnas) tenis meja untuk Asian Para Games 2018, di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Menpora terkejut pas di momen para atlet mengadukan keluhan mereka selama mengikuti Pelatnas, terutama masalah makanan.

Beberapa kali kunjungan Menpora, biasanya para atlet kerap memberikan curhatan bernada positif. Tapi kali ini, justru para atlet tenis meja disabilitas mengaku kecewa dengan penyediaan makanan yang mereka santap sehari-hari oleh pihak hotel mereka menginap.

Mereka mengeluhkan menu makanan yang biasa disantap, tak sesuai dengan standar gizi atlet. Sementara soal rasa makanan juga masih hambar.

Baca juga: Menpora: Panjat Tebing Mampu Penuhi Target Dua Emas

"Makanan kurang proposional untuk atlet. Menu kadang ayam terus dan kurang enak. Kami mendingan keluarin uang 10 ribu untuk beli makanan di angkringan dan rasanya lebih enak, " keluh atlet kepada Menpora.


Kebetulan kedatangan Menpora bertepatan dengan jam makan siang para atlet. Sehingga Menteri kelahiran Bangkalan itu langsung meminta nasi kotak untuk mengecek apa yang dikeluhkan atlet.

Tak ayal, Menpora kaget karena menunya benar-benar standar. Hanya berisikan potongan ayam, nasi, mi, gorengan, dan jeruk. Ia langsung meminta Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, melakukan evaluasi akan makanan yang diterima atlet serta menyertakan tim ahli gizi.

Baca juga: Menpora: Sukses Prestasi di Atas Segalanya

"Bagaimana kecukupan kalori dan nutrisi yang dipantau oleh ahli gizi. Mungkin cara masaknya yang nggak sesuai. Ini harus duduk bareng nih dengan ahli gizi. Harus ganti menu makanannya, tapi dengan kalori yang sama," ujar Imam.

Tentu ada perbedaan menu antara Pelatnas tenis meja disabilitas dengan rugby yang kemarin dikunjungi Menpora. Di sana, asupan makanan dan nutrisi Pelatnas rugby yang bermarkas di Parangtritis, benar-benar mendapatkan menu yang cukup proposional.

"Padahal anggaran untuk makan masing-masing atlet adalah Rp500 ribu perhari untuk satu orang. Makanya nanti kita cek, apakah mereka cuma tidur saja (di hotel) dan makanan dari luar. Akan saya tindak lanjuti nanti," kata Mulyana.

"Pelatnas seharusnya perbaikan gizi. Keluhan seperti ini penting, pasalnya anggaran cabor sudah ada. Pelatnas bukan hanya meninjau, " terangnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Timnas Indonesia U-16 Juara Turnamen Jenesys 2018

 



(RIZ)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id