Pelari Rio Maholtra mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) atletik di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta. Latihan tersebut untuk persiapan kejuaraan-kejuaraan dunia serta SEA Games 2019 di Manila, Filipina. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Pelari Rio Maholtra mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) atletik di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta. Latihan tersebut untuk persiapan kejuaraan-kejuaraan dunia serta SEA Games 2019 di Manila, Filipina. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

KOI Rekomendasikan 36 Cabor untuk Tanding di SEA Games 2019

Olahraga olahraga SEA Games 2019 Filipina
Alfa Mandalika • 15 Agustus 2019 19:29

KOI bakal merekomendasikan 36 cabor yang bakal berangkat ke SEA Games 2019. Namun, KOI belum mengumumkan secara detail cabor mana saja yang akan dipilih.

Jakarta: Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berencana merekomendasikan 36 dari 52 cabang olahraga yang didaftarkan pada SEA Games 2019 Filipina, 30 November-11 Desember, namun pihaknya belum menjelaskan dengan detail cabang-cabang olahraga tersebut.
 
"Ada 52 cabang olahraga yang masuk entry by name. Tambah satu, polo. Sebelumnya belum masuk. Tapi, KOI merekomendasikan 36 cabang yang akan diberangkatkan," kata Plt Sekjen KOI Helen Sarita Delima di Kantor KOI Senayan, Jakarta dilansir Antara.
 
Sebelum menentukan cabang mana saja yang bakal dikirim ke kejuaraan multi event dua tahunan itu, pihaknya akan meminta hasil atau masukan dari Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) KOI yang selama ini menjadi pendamping tim Pelatnas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Helen, 52 cabang olahraga yang disiapkan tetap berpeluang untuk diberangkatkan ke SEA Games 2019. Hanya saja, semuanya tergabung hasil Monev maupun kesiapan atlet yang ada saat ini.
 
"Kami akan tetap memberi kesempatan untuk cabang olahraga lain (di luar 36)," kata Helen menambahkan.

Baca: Performa Fajar/Rian Menurun karena Faktor Psikologis

Saat ini, katanya, tim Monev terus bergerak untuk memantau persiapan masing-masing cabang olahraga mengingat pelaksanaan SEA Games 2019 tidak lama lagi. Pihaknya ingin semuanya bisa secepatnya dilakukan.
 
"Makanya hingga saat ini kami belum menetapkan cabang apa saja yang akan diberangkatkan. Begitu juga dengan jumlah atlet. Yang jelas ini proses sedang berjalan," kata Helen menegaskan.
Tim Monev sedang berjalan seperti yang dilakukan Dirja Wihardja yang fokus ke cabang olahraga angkat besi. Tidak hanya untuk SEA Games 2019, Monev yang dilakukan mantan lifter ini juga untuk Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Thailand yang juga ajang mencari poin Olimpiade 2020.
 
Angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga langganan medali di semua kejuaraan internasional. Selain itu, cabang unggulan lainnya adalah bulu tangkis, balap sepeda, panahan, renang, atletik, dayung, menembak, boling, bola voli, sepak bola hingga senam.
 
Beberapa cabang olahraga juga secara terang-terangan bisa dikirim ke Filipina yang salah satunya adalah rugbi. Pada SEA Games 2019, Indonesia sepakat untuk mengirimkan banyak atlet muda. Namun, tidak menutup kemungkinan tetap mengirimkan atlet yang selama ini sudah mengharumkan nama negara di beberapa kejuaraan internasional. Adapun target medali antara 51-53 emas. (Ant)
 
Video: The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif