Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.

Pekan Olahraga Nasional XX

Sebanyak 5.000 Personel TNI/Polri Siap Amankan PON 2020

Olahraga olah raga pon 2020
Roylinus Ratumakin • 13 Februari 2020 20:43
Menggunakan fasilitas yang dimiliki TNI/Polri, keamanan siap mendukung pelaksanaan PON XX. Sesuai undang-undang, TNI akan membantu pemerintah daerah dan kepolisian.
 
.Jayapura: Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih, menyatakan bersama aparat Kepolisian Republik Indonesia, siap mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.
 
“Apa yang dilaksanakan kepolisian dalam melaksanakan pengamanan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pasca-PON, kami siap mendukung,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab di Stadion Papua Bangkit, Kamis 13 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Asaribab, dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan, Kepala Staf Angkatan Darat juga sudah memberikan penekanan, akan menggunakan fasilitas TNI/Polri untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PON XX. TNI, sesuai undang-undang pastinya akan membantu pemerintah daerah dan kepolisian.
 
Pangdam mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Papua membantu melaksanakan pengamanan, agar PON yang diharapkan berjalan baik dan terwujud.
 
“Semua pihak harus menunjukkan, bahwa Papua mampu melaksanakan PON, sehingga hasil-hasil dari PON bisa berbicara di event-event SEA Games maupun Olimpiade,” ujarnya.
 
Sementara, Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw, menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan 5 ribu personel, termasuk BKO dari Brimob Nusantara.
 
“Jadi mulai kedatangan, sampai dengan pelaksanaan serta pascapelaksanaan, perencanaan pengamanan sudah dilakukan. Untuk itu, PON menjadi konsen kita bersama,” katanya.
 
Kata Waterpauw, sinergi antara Pemerintah Daerah dan PB PON sudah berlangsung sejak awal. Bahkan sejak pembangunan beberapa venue dan lain sebagainya, Polri sudah terlibat langsung, guna menyukseskan PON 2020.
 
Soal teknis pengaturan personel, dikatakan, pihaknya sudah merancang. Dalam hal ini, Kapolri sudah memerintahkan beberapa pejabat Mabes Polri datang menilai, baik dari sisi lalu lintas, keamanan dan lain sebagainya.
 
“Intinya, PON di Papua pasti aman,” tegas Waterpauw.
 
Video: Desain Lintasan Sementara Formula E Monas

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif