CdM Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara berpose dengan Head of content news medcom.id, Indra Maulana, usai melakukan audiensi terkait SEA Games 2019 di kantor Media Group . (Foto: medcom.id/Achmad Firdaus)
CdM Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara berpose dengan Head of content news medcom.id, Indra Maulana, usai melakukan audiensi terkait SEA Games 2019 di kantor Media Group . (Foto: medcom.id/Achmad Firdaus)

Kejar Target 50 Emas, Indonesia Bertumpu pada 27 Cabor

Olahraga SEA Games 2019 Filipina
Achmad Firdaus • 21 November 2019 13:45
Jakarta: Kontingen Indonesia bertekad menembus posisi empat besar di pentas SEA Games 2019, Filipina. Untuk mencapai target tersebut, para atlet Indonesia diharapkan bisa menyumbangkan setidaknya 50 medali emas.
 
Target ini melebihi dari apa yang diraih Indonesia pada SEA Games edisi sebelumnya di Malaysia pada 2017. Saat itu, kontingen Merah Putih meraih 38 medali emas, 63 perak dan 90 perunggu.
 
Chef de Mission (CdM) Indonesia, Harry Warganegara menyebut, target ini cukup realistis karena sudah melewati kalkulasi dari tim analis yang memang disiapkan secara khusus untuk mengukur peluang atlet atau cabor meraih medali emas di Filipina nanti.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mudah-mudahan kita bisa meraih medali emas di angka 50-an. Jika dua tahun lalu kita menempati peringkat lima (klasemen medali), dengan dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia, insyaallah kita bisa meraih hasil lebih baik," ujar Harry kepada medcom.id di sela-sela kunjungannya ke kantor Media Grup di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Rabu, 20 November 2019.
 
Untuk mencapai target 50 medali emas, Indonesia mengirimkan 841 atlet atau total 1.311 (plus ofisial) yang akan mengikuti 52 cabang olahraga dari total 56 cabor yang dipertandingkan. Dari 52 cabor ini, Indonesia akan turun di 422 nomor dari total 530 nomor yang dipertandingkan.
 
"Dari 52 cabor, kita indikasikan ada 27 cabor yang berpotensi besar menyumbangkan medali emas. Mulai dari bulu tangkis, angkat besi, atletik, pencak silat, panahan. Kita juga berharap pada cabor-cabor baru seperti underwater hockey, obstacle run dan floor ball," ujarnya.
 
Tak hanya soal target, Harry juga menegaskan bahwa pemerintah sudah siap memberikan apresiasi buat para atlet berprestasi di SEA Games nanti. Seperti event-event sebelumnya, atlet peraih medali akan mendapat apresiasi berupa bonus uang.
 
Rinciannya adalah sebagai berikut:
 
ATLET

- Tunggal
Emas: Rp200 juta
Perak: Rp100 juta
Perunggu: Rp60 juta
 
- Ganda
Emas: Rp160 juta
Perak: Rp80 juta
Perunggu: Rp48 juta
 
- Beregu
Emas: Rp100 juta
Perak: Rp50 juta
Perunggu: Rp30 juta
 
PELATIH & ASISTEN PELATIH:
- Tunggal/Ganda
Emas: Rp100 juta
Perak: Rp50 juta
Perunggu: Rp30 juta
 
- Beregu
Emas: Rp130 juta
Perak: Rp65 juta
Perunggu: Rp39 juta
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga?Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Alasan Klub Tunjuk Mourinho Sebagai Pelatih

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif