Anak-anak yang mengikuti turnamen Softball U-8 Sys Ns Memorial Cup 2019 (Istimewa)
Anak-anak yang mengikuti turnamen Softball U-8 Sys Ns Memorial Cup 2019 (Istimewa)

Pesan Tersirat di Balik Turnamen Softball Sys Ns Memorial Cup 2019

Olahraga olahraga
Rendy Renuki H • 09 November 2019 23:12
Jakarta: Ada pemandangan tak biasa di lapangan softball Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 9 November sore. Salah satu venue yang dipakai Asian Games 2018 lalu itu dipadati puluhan anak-anak yang bertanding softball di lapangan tanah merah tersebut.
 
Raut ceria terpapar di wajah mereka yang berusia rata-rata delapan tahun. Tanpa ragu anak-anak mengayunkan tongkat pemukul, maupun melemparkan bola bak pemain profesional.
 
Rupanya sore itu mereka sedang mengikuti turnamen Softball U-8 Sys Ns Memorial Cup 2019. Sesuai dengan namanya, turnamen ini digagas keluarga mendiang seniman Tanah Air, Sys Ns, yang memang aktif membangun olahraga softball.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak tujuh tim softball dari dalam dan luar kota Jakarta turut serta di turnamen ini. Seluruh tim tampak antusias melakoni pertandingan pada turnamen yang digelar hingga Minggu 10 November tersebut.
 
Meskipun, bukan gelar juara dan kemenangan semata yang diusung turnamen ini. Syanin, anak mendiang Sys Ns, mengungkapkan persan tersirat di turnamen yang baru pertama kali digelari ini.
 
Ia ingin turnamen ini menjadi bekal bagi anak-anak dari segi mental dan pengalaman. Agar nantinya bisa menjadi atlet softball yang bisa diandalkan Indonesia hingga pentas dunia.
 
Menurutnya, anak-anak di bawah usia delapan tahun sangat membutuhkan bermain dan berperan langsung. Sehingga bisa menumbuhkan kepercayaan diri dan semangat bermain baseball dan softball.
 
"Ajang ini baru pertama kali digelar. Latar belakang keluarga mengadakan turnamen ini awalnya karena Srestha Fasyadhira (cucu Sys NS) kan ikutan baseball, join di tim baseball. Terus ada yang bilang kok mirip ayah dan ajakin bikin Sys NS Cup," kata putri Sys NS, Syanindita Trasysty.
 
Karena idenya bersenang-senang, pantia sengaja tidak menetapkan pemenang. Sys NS Memorial Cup dibuat agar para peserta bisa menambah pertemanan.
 
"Harapan kami dengan adanya event ini anak-anak jadi lebih percaya diri dan semangat buat bermain baseball," ujar Syanindita.
 
Kehadiran Sys NS Memorial Cup 2019 mendapat apresiasi dari Ketua Umum PB Perbasasi (Perserikatan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia), Andika Monoarfa.
 
"Top banget ini. Sudah lama tidak ada kegiatan seperti ini. Kami berterima kasih banyak, jadi anak-anak ini bisa merasakan bertanding sama teman-teman. Jadi buat saya ini luar biasa, dan saya mengapresiasi setinggi-tingginya," kata Andika.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif