Asian Para Games 2018

Klasemen Medali Hari Ini: Tambah 9 Medali Emas, Indonesia Jaga Asa Finis Lima Besar

Patrick Pinaria 13 Oktober 2018 00:27 WIB
Asian Para Games
Klasemen Medali Hari Ini: Tambah 9 Medali Emas, Indonesia Jaga Asa Finis Lima Besar
Tim Para Catur Indonesia sukses meraih lima emas di Asian Para Games 2018 (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Jakarta: Panen emas kembali dialami Indonesia pada Asian Games 2018. Tepatnya pada hari keenam, Jumat 12 Oktober. Total, kontingen Merah Putih mampu menggondol sembilan medali emas. Tambahan medali itu pun membuat mereka berpeluang finis di lima besar.

Cabang olahraga (cabor) para catur menjadi lumbung emas terbesar Indonesia pada hari ini. Tak tanggung-tanggung, para atlet Tanah Air berhasil meraih lima medali emas.

Edy Suryanto dan Tati Karhati menjadi dua atlet para catur yang sukses meraih medali emas di nomor perorangan kelas B1. Kemudian, dua medali emas didapat Indonesia melalui nomor beregu putra dan putri di kelas B1. Sedangkan satu medali emas lainnya dipersembahkan oleh perwakilan beregu putra kelas B2/B3.


Keberhasilan kelima wakil tersebut meraih medali emas menambah prestise tersendiri untuk tim para-catur Indonesia. Sebab, mereka menjadi penyumbang medali emas terbanyak untuk Tanah Air di Asian Para Games 2018.

Baca: Cerita Koper yang Menginspirasi Syuci Indriani 

Total, ada 11 emas yang diraih tim para-catur Indonesia. Dua hari sebelumnya, Indonesia berhasil meraih enam medali emas.

Prestasi juga berhasil didapat pembalap para sepeda Indonesia M. Fadli. Ia juga sukses mempersembahkan medali emas untuk Tanah Air usai memenangkan pertandingan di nomor 4000 meter Individual Pursuit putra C4.

Sumbangan emas pun lagi-lagi didapat Indonesia dari perenang Syuci Indriani. Setelah meraih medali emas di nomor 100 meter gaya dada SB14 putri, ia sukses menyumbang emas di nomor 200 meter gaya campuran kategiro SM14 hari ini.

Pujian juga patut diberikan kepada perwakilan ganda putri para bulu tangkis Indonesia Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah. Mereka sukses mempersembahkan medali emas setelah menang atas pasangan Tiongkok Hefang Cheng/Huihui Ma di babak final klasifikasi SL3/SU5. Pada laga itu, Leani/Khalimatus menang lewat straight game 21-15, 21-12.

Baca: Menpora Pastikan Bonus Atlet Cair Sebelum Penutupan

Tambahan sembilan medali emas tersebut membuat Indonesia menjaga asa finis di posisi kelima klasemen medali. Sebab, mereka kini sudah mengoleksi 33 medali emas dan hanya terpaut dua medali emas dari Uzbekistan yang berada di posisi kelima.

Harapan Indonesia mengusung finis lima besar juga semakin terbuka lantaran mereka berpeluang meraih banyak medali pada hari terakhir Asian Para Games 2018, Sabtu 13 Oktober. Terutama di cabor para bulu tangkis. Setidaknya ada ada lima perwakilan Tanah Air yang bermain di babak final besok.

Sementara itu, posisi puncak masih dikuasai Tiongkok. Mereka kini sudah mengoleksi 162 poin. Jumlah tersebut membuat Tiongkok dipastikan menjadi juara umum Asian Para Games 2018. Pasalnya, mereka unggul 112 medali emas dari Korea Selatan dan Iran yang berada di peringkat kedua dan ketiga.

Sedangkan posisi keempat ditempati Jepang dengan mengumpulkan 45 medali emas. Mereka unggul 10 medali emas dari Uzbekistan.


Video: Tim Para Balap Sepeda Raih Dua Medali untuk Indonesia

 



(ACF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id