Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto (tengah) saat sesi Jumpa pers Formula E di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (Dok. Jakpro)
Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto (tengah) saat sesi Jumpa pers Formula E di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (Dok. Jakpro)

Formula E

Sirkuit Formula E di Monas Diklaim Bisa Mencapai 220 Km/Jam

Olahraga olahraga Formula E
Rendy Renuki H • 14 Februari 2020 18:44
Jakarta: Indonesia masih optimistis menjadi tuan rumah Formula E pada 6 Juni. Persiapan membangun venue balapan di Sirkuit Monas terus dikebut, di tengah polemik izin pembangunan.
 
Sirkuit sepanjang 2.588 kilometer itu diklaim bisa mencapai kecepatan 220 km/jam. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto selaku panitia penyelenggara Formula E yang telah melakukan simulasi.
 
"Dalam simulasi yang dilakukan oleh tim perancang Tilke (Tilke Engineers dan Architects, angkanya yang bisa menyentuh 220 km/jam dengan lokasi sebelum tikungan tujuh," kata Dwi saat jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Jumat 14 Februari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada seri terakhir di Santiago, Cile, kecepatan rata-rata mobil Formula E tak ada yang menyentuh 220 km/jam. Menukil Autosport, kecepatan rata-rata pada balapan 18 Januari kemarin yakni 118 km/per jam.
 
Ia pun menuturkan alasan pemilihan Monas sebagai lokasi balap mobil elektrik tersebut. Menurutnya, area Monas bisa sekalian menjual seri Formula E di Indonesia dari segi pariwisata.
 
Selain itu, pemilihan Monas sebagai sirkuit Formula E menurutnya untuk mempermudah masyarakat menonton balapan tersebut. Pasalnya, sirkuit yang pengerjaannya memakan waktu tiga bulan itu memiliki konsep sirkuit jalan raya.
 
"Kajian mendalam telah dilakukan oleh Formula E melalui tim arsitek yang selama ini dikenal sebagai perancang sirkuit-sirkuit balap modern, Tilke Engineers and Architects," papar Dwi.
 
"Bersama FIA (Federasi Otomotif Dunia), mereka telah menelaah segala hal dan memastikan bahwa kawasan sekitar Tugu Monas sangat layak untuk dijadikan sirkuit jalan raya kelas dunia," pungkas Dwi.
 
Sirkuit Monas untuk ajang Formula E Indonesia yang berjarak 2,588 km akan dilengkap 12 tikungan. Jumlah tersebut terdiri dari delapan tikungan kanan dan empat tikungan kiri.
 

Video: Desain Lintasan Sementara Formula E Monas
 

 
(PAT)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif