Ilustrasi (ISTIMEWA)
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Wabah Virus Korona

Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula Saat New Normal

Olahraga olah raga sepeda
Antara • 30 Juni 2020 21:27
Bersepeda di tengah pandemi, memang seharusnya tak lupa untuk menggunakan masker. Namun, apabila intensitasnya sedang hingga tinggi, tak dianjurkan.
 
Jakarta: Persatuan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) membagikan tips bersepeda bagi para pemula agar bisa tetap bersepeda dengan aman sehubungan dengan meningkatnya minat gowes di kalangan masyarakat Indonesia saat masa normal baru.
 
Manajer PB ISSI Oldy Sofyan membagi tahapan bersepeda ke dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, saat bersepeda, saat istirahat, dan setelah selesai bersepeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, para pesepeda wajib memeriksa kondisi sepeda untuk memastikan bahwa sepedanya layak jalan.
 
Untuk meminimalisir dari cedera, orang yang akan bersepeda juga harus menggunakan pakaian yang sesuai dan lengan panjang, memakai helm, sarung tangan, dan masker.
 
"Hindari droplet dengan menggunakan pakaian lengan panjang, sarung tangan, masker, kacamatan, penutup kepala (bandana/cycling cap), membawa hand sanitizer dan handuk kecil," demikian pernyataan PB ISSI.
 
Setelah mengecek kondisi sepeda, selanjutnya adalah pemanasan. Hal itu, menurut Oldy, kerap dilupakan para pegowes pemula yang mayoritas bersepeda hanya sebagai gaya hidup, bukan olahraga. Sebelumnya, mereka juga sudah harus menentukan berapa jarak maksimal yang akan ditempuh.
 
"Pemanasan dulu. Lalu, tentukan ingin bersepeda berapa kilometer, break di kilometer berapa," kata Oldy saat dihubungi pewarta di Jakarta, belum lama ini.
 
Di tahapan kedua saat sedang bersepeda, PB ISSI dalam protokolnya juga mengimbau agar para pegowes berjalan di jalur khusus sepeda. Apabila bersepeda secara berkelompok, sebaiknya diatur menjadi rombongan kecil 2-4 pegowes.
 
Untuk menghindari tabrakan dengan pesepeda yang ada di depan atau belakang, para pegowes juga diminta untuk menjaga jarak minimal empat meter.
 
Tahapan yang penting, namun kerap dilupakan selanjutnya adalah waktu istirahat. Oldy menyebut bahwa para pegowes setidaknya perlu istirahat 30 menit atau satu jam sebelum melanjutkan perjalanannya.
 
Bersepeda di tengah pandemi, menurut Oldy, memang seharusnya tetap tak lupa untuk menggunakan masker. Namun, apabila bersepeda dilakukan dengan intensitas sedang hingga tinggi, ia tak menganjurkan penggunaan maskerkarena bisa menghambat aliran oksigen ke paru-paru.
 
Tahapan terakhir adalah pendinginan. Langkah ini dilakukan sebagai proses pemulihan setelah stamina banyak terkuras karena olahraga.
 
"Sebaiknya jangan mendadak berhenti. streching-nya intensitas rendah, streching biasa. Misal setelah bersepeda ada peregangan di tangan, punggung, dan pinggang. Setelah itu boleh istirahat atau coffee ride."
 
"Kalau langsung duduk, kita tidak tahu otot yang tadi digunakan umpama selama satu jam itu berakibat buruk," pungkasnya.
 
Video: 3 Pemain dan 1 Staf PSG Positif Terinfeksi Virus Korona

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif