CCM 2018 Diharapkan Menjadi Ajang Promo Asian Games

Pelangi Karismakristi 16 April 2018 12:47 WIB
berita kemenpora
CCM 2018 Diharapkan Menjadi Ajang Promo Asian Games
Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana menghadiri even lomba lari bertaraf internasional CCM 2018. Foto: Dok. Kemenpora
Palu: Lomba lari berkelas internasional Central Celebes Marathon (CCM) 2018 diharapkan menjadi salah satu ajang promosi Asian Games yang akan dihelat pada Agustus mendatang. 

"Event ini diharapkan menjadi pengingat bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games. Sekali pun bukan di Palu, tapi mari kita sama-sama mendukung dan mendoakan untuk atlet Indonesia supaya lebih maksimal meraih prestasi," kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana , saat menghadiri CCM 2018 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu, 15 April 2018.

Pemerintah melalui Kemenpora menginginkan promosi Asian Games digalakkan oleh daerah lain melalui berbagai kegiatan. "Beberapa alasan ini mendorong kami supaya memberikan dukungan dan rekomendasi," kata Mulyana. 


Mengenai lomba lari CCM 2018, Mulyana mengapresiasi peserta dari Kenya yang mendominasi event tersebut. Hal ini menurutnya bisa menjadi contoh bagi masyarakat pecinta olahraga lari.

"Kenya sangat mendominasi dalam lomba ini, sekaligus memberikan gambaran kepada kita bahwa atletik ini telah ada contoh yang terbaik. Bagaimana cara kita seperti mereka," ujarnya. 

CCM 2018 digelar sebagai ajang memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-54  Provinsi Sulawesi Tengah. Sedikitnya ada 1.500 peserta yang ikut serta di nomor putra dan putri kategori full marathon 42K, half marathon 21K,10K, dan 5K. 

Para peserta selain datang dari dalam negeri juga berasal dari pelari mancanegara seperti Kenya, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Nairobi. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp465 juta, door prize satu unit mobil, dan beberapa hadiah menarik lainnya. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata melalui olahraga atau sport tourism, perbaikan infrastruktur, dan investasi," ucap Sekdaprov Sulteng Muhammad Hidayat Lamakarate.

Sebelumnya, Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Wakapolda Sulteng Kombespol Aris Purnomo secara resmi telah melepas peserta lomba untuk kategori 21K dan 42K. Sepanjang lintasan lari yang melewati tempat eksotis Palu seperti pantai, lembah, sungai dan bukit para peserta juga disuguhkan 13 spot budaya dan beberapa atraksi lokal, kuliner alam, dan bahari.



(ROS)