Lalu Muhammad Zohri-Foto Medcom
Lalu Muhammad Zohri-Foto Medcom

Wabah Virus Korona

PB PASI Akan Lakukan Tes Swab Bagi Atlet Pelatnas

Olahraga atletik olah raga Virus Korona virus corona
Antara • 14 Juli 2020 22:47
Setelah lebih dari tiga bulan latihan di kampung halamannya masing-masing, PB PASI berencana memanggil 20 atletnya itu ke Jakarta untuk menggelar Pelatnas.
 
Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) akan melakukan tes swab atau teknik reaksi polimerase (PCR) serta tes psikologi terlebih dahulu kepada para atletnya sebelum kembali menggelar Pelatnas di Stadion Madya, Jakarta.
 
Menurut Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung, tes tersebut dilakukan sesuai anjuran World Athletics, kepada seluruh federasi atletik nasional dalam menggelar latihan di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"World Athletics merekomendasikan untuk tes PCR dan pengecekan mental. Ini yang kami tidak boleh lupakan," kata Tigor di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa 14 Juli 2020.
 
"Tiga bulan mereka (pikirannya) isinya macam-macam. Pasti kami harus lakukan (tes psikologi). Tim psikologi akan melihat kesiapan mental mereka untuk pendampingan," katanya melanjutkan.
 
Adapun biaya tes PCR, kata Tigor, nantinya bakal ditanggung oleh Kemenpora.
 
Sejak Maret, para atlet Pelatnas memang telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing akibat adanya kekhawatiran penularan virus korona.
 
Lalu Muhammad Zohri dan kawan-kawan terpaksa berlatih secara mandiri dan seadanya dengan tetap dibekali program dari pelatih.
 
Setelah lebih dari tiga bulan latihan di kampung halamannya masing-masing, PB PASI berencana memanggil 20 atletnya itu ke Jakarta untuk menggelar Pelatnas setelah menanda tangani nota kesepahaman (MoU) terkait dana Pelatnas Olimpiade bersama Kemenpora, Selasa 14 Juli.
 
Namun, Tigor masih belum mengetahui kapan pastinya para atlet tersebut akan tiba di Jakarta, mengingat adanya pembatasan wilayah di daerah asal masing-masing atlet.
 
"Tetapi saya harapkan bulan ini mereka sudah bisa ada di Jakarta," tuturnya.
 
Video: Wimbledon Dibatalkan, Hadiah Tetap Dibagikan


 
(RIZ)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif