Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.

Pekan Olahraga Nasional XX

Pesan Presiden Jokowi untuk PON XX Papua

Olahraga olah raga pon 2020
Roylinus Ratumakin • 13 Februari 2020 23:33
Presiden Jokowi selalu memantau secara khusus persiapan pelaksanaan PON di Papua.
 
Jayapura: Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan dilaksanakan mulai 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang, dan Papua ditunjuk sebagai ruan rumah penyelenggaraan event tersebut.
 
Demi suksesnya PON XX tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap, event empat tahunan di Bumi Cenderawasih dapat terlaksana dengan lancar, baik, dan tidak ada kendala apapun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Presiden Jokowi sangat berharap pelaksanaan PON di Papua berjalan dengan baik, dan pelaksanaan PON ini sama dengan pelaksanaan PON-PON terdahulu,” kata Presiden Jokowi, seperti disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, kepada Medcom.id, Kamis 13 Februari 2020 malam, saat pembukaan Chef de Mission (CdM) Meeting di Sentani, Kabupaten Jayapura.
 
Presiden juga berpesan agar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Menpora, TNI, Polri, pemerintah provinsi dan daerah dimana tempat pelaksanaan PON, untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan penyelenggaraan PON.
 
“Jadi, Pak Presiden sangat memperhatikan (pelaksanaan PON), bahkan pada sidang kabinet, Selasa 11 Februari 2020 lalu, beliau kembali menegaskan soal persiapan PON. Intinya Presiden selalu memantau secara khusus pelaksanaan PON di Papua,” ujarnya.
 
Sebelumnya, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan, siap mendukung Polri dalam melakukan pengamanan saat pelaksanaan PON XX di Papua.
 
“Apa yang dilaksanakan kepolisian dalam melaksanakan pengamanan, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pascapelaksanaan PON, kami siap untuk mendukung,” kata Asaribab.
 
Menurut Asaribab, dalam rapat pimpinan Kementerian Pertahanan, Kepala Staf Angkatan Darat juga sudah memberikan penekanan, akan menggunakan fasilitas TNI/Polri untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PON XX. Untuk itu, TNI sesuai undang-undang membantu pemerintah daerah dan kepolisian.
 
“Semua pihak harus menunjukkan bahwa Papua mampu melaksanakan PON, sehingga hasil-hasil dari PON juga bisa berbicara di event-event SEA Games maupun Olimpiade,” ujarnya.
 
Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw menambahkan, untuk sementara pihaknya sudah menyiapkan 5 ribu personel, termasuk BKO Brimob Nusantara.
 
“Jadi mulai dari kedatangan sampai dengan pelaksanaan serta pascapelaksanaan, perencanaan pengamanan sudah dilakukan. Untuk itu, PON ini menjadi konsen kita bersama,” katanya.
 
Video: Witan Sulaeman Resmi Gabung Klub Serbia, Ini Pesan Menpora

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif