La Nyalla Mattalitti. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
La Nyalla Mattalitti. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Pemilihan Ketum KONI Harus Terbuka

Olahraga olahraga
Rendy Renuki H • 26 Juni 2019 21:25
Jakarta: Wakil Ketua Umum KONI Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti mengatakan ajang pemilihan Ketua KONI Pusat periode 2018-2023 harusnya terbuka kepada siapa pun calon Ketua Umum (Caketum) yang akan ikut meramaikan ajang ini dan harus mendengarkan aspirasi para anggotanya.
 
Pernyataan itu mengacu kepada hasil penjaringan dan penyaringan calon ketua umum KONI yang dilakukan Tim Penjaringan dan Penyaringan. Di mana tim tersebut mengeluarkan hasil verifikasi pada Senin 24 Juni lalu dan memutuskan Caketum Marciano Norman lolos verifikasi, sedangkan caketum lainnya Muddai Madang tidak.
 
"Jangan jadi belenggu dengan menerapkan syarat-syarat yang memberatkan para Caketum yang akan mencalonkan diri. Jika ada lebih dari satu calon biarkan bertanding dengan sportif," ujar La Nyalla saat dihubungi awak media, Rabu 26 Juni.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan ada upaya pengkondisian hanya satu calon saja. Degarkan aspirasi para anggotanya," sambung mantan Ketua Umum PSSI tersebut.
 
Dikatakan, jika nantinya Musyawarah Nasional (Munas) hanya diikuti oleh satu calon saja, maka dikhawatirkan muncul sikap otoriter bagi calon yang terpilih secara aklamasi.
 
"Maka dari itu fungsi dari Tim Penjaringan dan Penyaringan juga harus bersikap lebih fair. Mereka tugasnya bukan menyeleksi calon, tapi hanya merekomendasikan calon untuk kemudian diserahkan kepada Pleno dalam Munas nanti."
 
"Jadi yang memutuskan calon itu berhak atau tidak untuk maju adalah melalui Pleno, bukan oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan yang dibentuk KONI Pusat," pungkasnya.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif