Tour de Singkarak 2018

Pembalap Terbaik Indonesia Tahun Lalu Akhirnya Naik Podium TdS 2018

Kautsar Halim 09 November 2018 07:46 WIB
tour de singkarak
Pembalap Terbaik Indonesia Tahun Lalu Akhirnya Naik Podium TdS 2018
Jamal Hibatulah. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Pasaman: Jamal Hibatulah akhirnya bisa mencicipi podium Tour de Singkarak 2018. Tren positif itu ia raih ketika menyelesaikan etape 5 berjarak 161,4 km dari Kantor Bupati Limapuluh Kota ke Kantor Bupati Pasaman, Kamis 8 November.

Bukan tugas mudah bagi Jamal yang tergabung dengan tim PGN Road Cycling untuk menyabet prestasi tersebut. Sebab, lawan-lawannya yang berasal dari 26 negara cukup berat dan medan lintasannya pun cukup ekstrem. 

Beberapa titik jalan yang berkelok dan menurun sempat tertimbun tanah longsor pada malam harinya. Belum lagi, hujan deras juga mengguyur jelang finis di Kabupaten Pasaman yang punya pemandangan menawan dan beriklim sejuk.



Jamal Hibatulah berada paling depan dalam rombongan kedua yang finis di etape 5 TdS 2018. (Foto: Medcom.id/Zam)

Meski begitu, Jamal tetap mampu menjadi pembalap Indonesia terbaik dengan catatan waktu 4 jam 34 detik. Secara umum dia finis kelima atau hanya berselisih 27 detik saja dengan Ryan Cavanagh asal Australia yang menjadi juara pertama.

Baca: Penjelasan Event Director Soal Rute TdS 2018 yang Terkendala Banjir dan Tanah Longsor


"Syukur Alhmdulillah. Terima kasih buat teman-teman setim juga atas raihan ini. Sebetulnya, target kami di stage ini bukan hanya finis kelima atau menjadi pembalap Indonesia. Memang sedikit melenceng tapi enggak apa-apa," ujar Jamal seusai balapan.

"Trek tadi cukup bahaya karena pas turunan ada bekas tanah longsor dan tidak sedikit juga pembalap lain yang jatuh. Kemudian, menjelang finis jalannya mengecil, agak rusak dan hujan deras juga," tambahnya soal perjuangan di etape 5.

Jamal merupakan pembalap terbaik Indonesia TdS 2017. Tahun lalu, dia bisa menyelesaikan 9 etape dengan catatan waktu 30 jam 24 menit dan 43 detik. Pada klasemen umum, Jamal berada di urutan enam dan hanya berselisih 12 menit 43 detik saja dengan Khalil Khorsid asal Iran yang keluar sebagai juara. 

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Preview Piala AFF: Indonesia vs Singapura



(ASM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id