Toraja Marathon 2018

Galang Dana untuk Sulteng, Toraja Marathon Sukses Digelar

Patrick Pinaria 25 Oktober 2018 22:07 WIB
olahraga
Galang Dana untuk Sulteng, Toraja Marathon Sukses Digelar
Suasana saat start Toraja Marathon 2018 (Foto: Ist)
Toraja: Toraja Marathon kembali hadir pada 2018. Kali ini, penyelenggaraan tidak hanya sekadar untuk menggelar aksi olahraga marathon bersama. Namun, acara digelar untuk menggalang dana korban gempa di Sulawesi Tengah.

Toraja Marathon 2018 merupakan event ketiga digelar. Khusus tahun ini, Toraja Marathon diselenggarakan pada 20 Oktober. 

Gelaran Toraja Marathon tahun ini berbeda dari dua event sebelumnya. Sebab, kali ini, acara digelar untuk mengumpulkan dana bantuan para korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, seperti Palu, Sigi, dan Donggala.


Acara pun berjalan sukses dan meriah. Situasi itu ditandai dari para peserta dan masyarakat yang menghadiri Toraja Marathon di berbagai rute berlari.

Baca: Jadwal 8 Wakil Indonesia pada Babak 16 Besar 

Sebanyak 1.000 peserta lebih berpartisipasi dalam acara tersebut. Uniknya, peserta tidak hanya berasal dari lokal. Berbagai peserta dari mancanegara juga turut ambil bagian seperti Prancis, Rusia, Amerika, Singapura, dan Kenya.

Antusiasme masyarakat sekitar Toraja juga tinggi. Beberapa dari mereka dengan senang hati berpartisipasi membantu panitia mempersiapkan kebutuhan di sekitar rute, juga turut memberikan semangat di pinggir jalan.

Selain itu, Toraja Marathon juga mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemda Kabupaten Tana Toraja, Pemda Kabupaten Toraja Utara, Kodim 1414 Tana Toraja, dan juga Kepolisian Reserse Tana Toraja setempat.

Dalam penyelenggaraannya, Toraja Marathon dibagi ke dalam lima kategori. Di antaranya adalah kategori 5K, 10K, 10K Pelajar, half marathon open category (23K), dan full marathon open category (42K).

Baca: Marquez tak Perlu Ganti Tim untuk Membuktikan Kehebatannya

Hillary K. Koech menjadi pemenang di kategori 42K (full marathon-open category) untuk peserta umum laki-laki. Sedangkan Kategori 42K (full marathon) untuk peserta umum wanita, posisi pertama ditempati Naum Jep Koseigi.

Adapun kategori 23K (half marathon) pelari laki-laki dimenangkan oleh Jackson Kiprotich. Sedangkan pelari wanita dimenangkan Irine Jeptoo Kipcumba.

Untuk kategori 10K laki-laki, posisi pertama diraih Herlanto Raego. Untuk wanita, juara satu jatuh di tangan Fitri. Andika Putra Santoso dan Refika Sarira masing-masing memenangkan di kategori pelajar 10K putra dan 10K putri. 

Kategori terakhir, yakni 5K dimenangkan oleh Burhanuddin. Di bagian putri, juara pertama diraih oleh Dwi Dara Ningrum Wahid, disusul Atikah Salsabilah (10 tahun), dan Marsela Ndongku. Untuk juara kategori Laki-laki Master, posisi pertama Denis Langlois. Dan juara Kategori wanita Master direbut oleh Retnawati Kusumadewi.


Video: Atlet Atletik Indonesia Jalani Ibadah Umrah

 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id