Kompleks Stadion Papua Bangkit. (Foto: Antara/Gusti Tanati)
Kompleks Stadion Papua Bangkit. (Foto: Antara/Gusti Tanati)

PON 2020 Ditunda, Pembangunan Venue Jalan Terus

Olahraga pon 2020
Roylinus Ratumakin • 27 April 2020 12:46
Jayapura: Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, 2020 Papua resmi ditunda Presiden RI Joko Widodo hingga Oktober 2021. Namun, Kepala Dinas Olahraga (Disorda) Provinsi Papua Alexander Kapisa menegaskan persiapan multievent itu akan jalan terus.
 
“Pembangunan venue tetap dikerjakan hingga kontrak berakhir, yaitu Juli 2020 mendatang. Saat ini pun masih dalam proses pengerjaan beberapa venue,” kata Kapisa, Senin (27/4/2020).
 
Kapisa melanjutkan, pihaknya sedang membangun komunikasi dengan Kementerian Olahraga dan Kementerian PUPR terkait dengan proses perawatan dan pemeliharaan sejumlah venue yang telah selesai pengerjaannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau untuk Stadion Papua Bangkit, memang menjadi tugas dan tanggungjawab Pemprov Papua untuk melakukan perawatan karena pembangunan stadion tersebut menggunakan dana APBD sebesar Rp1,3 triliun,” ujarnya.
 
Dikatakannya juga, venue-venue yang sedang dibangun menggunakan dua mata anggaran, yakni APBD dan APBN. Khusus yang dibangun menggunakan APBN, pertanggungjawaban seperti perawatan dan pemeliharaannya akan diserahkan kepada Pemprov.
 
Meski begitu, belum ada serah terima dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR terkait pembangunan venue yang menggunakan APBD. Sebab, venue tersebut masih dalam proses pembangunan.
 
“Venue yang dibiayai oleh APBD adalah Softball, baseball, menembak (indoor dan outdoor), GOR STT Gidi, Voli Pantai dan Lapangan Tenis. Ada yang sifatnya bangun baru dan ada yang direhabilitasi, contohnya GOR Cenderawasih dan GOR Trikora,” ujarnya.
 
Menurut Kapisa, pihaknya juga memperhitungkan segala aspek dalam pemeliharaan venue-venue tersebut. Salah satunya dengan melibatkan pihak ketiga PT PP dan Nindiya Karya untuk ikut melakukan pemeliharaan.
 
“Pihak ketiga menjaminkan dananya untuk melakukan pemeliharaan venue selama kurang lebih tiga bulan. Dan selanjutnya, akan dilakukan oleh Pemprov dalam hal ini penerima asset,” kata Kapisa.

 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif