Ilustrasi master plan Stadion Papua Bangkit. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Ilustrasi master plan Stadion Papua Bangkit. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.

Pekan Olahraga Nasional XX

Tujuan PON Membina Atlet Menuju Prestasi Internasional

Olahraga olah raga
Roylinus Ratumakin • 24 Januari 2020 19:35
Penyelenggaraan PON mempertimbangkan kemampuan tuan rumah.
 
Jayapura: Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) empat tahunan tujuannya adalah pembinaan atlet menuju sejumlah event internasional yang diikuti Indonesia.
 
Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat Suwarno, kepada Medcom.id, Jumat 24 Januari 2020, menjawab berbagai polemik terkait wacana dua provinsi yang menggelar PON XX/2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kenapa PON selama ini peserta cabornya tidak banyak, karena kita mempertimbangkan kemampuan tuan rumah. Ada yang pelaksanaan PON hanya mempertandingan 40 cabor, di Jawa Barat lalu ada 44 cabor, dan sekarang di Papua hanya 37 cabor saja,” kata Suwarno.
 
Peluang pelaksanaan PON XX diselenggarakan oleh dua provinsi terbuka lebar, apabila revisi Peraturan Pemerintah (PP) 17 tahun 2007 dapat diselesaikan.
 
“Sasarannya bukan untuk apa-apa, tetapi untuk mewadahi pembinaan cabor. Jadi sukses PON itu dilihat sukses prestasi tuan rumah dan sukses prestasi PON,” ujarnya.
 
Sukses prestasi tuan rumah, menurut Suwarno adalah jumlah perolehan medali yang diperoleh oleh atlet tuan rumah. Namun kalau sukses prestasi menurut PON adalah keberhasilan penyelenggara mempersiapkan atlet menuju multievent internasional.
 
“Di SEA Gemes lalu, ada 56 cabor dan Indonesia mengikuti 51 cabor. Jadi kalau makin banyak yang kita bina, maka dengan sendirinya kita mempunyai kemampuan atau kesiapan lebih menuju event internasional,” katanya.
 
Kalau dari segi anggaran PON dilakukan di dua provinsi, hal ini masih dibicarakan.
 
“Nanti akan dibicarakan untuk tidak melibatkan Papua. Dilihat dari segi anggaran dan sebagainya ya, provinsi tuan rumah berikutnya. Artinya, kalau dilaksanakan di provinsi A, maka provinsi tersebut ikut membiayai pelaksanaan PON tersebut,” ujarnya.
 
Video: FIFA Setujui 6 Stadion Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif