NEWSTICKER
IM Novendra Priasmoro di Festival Catur Praha. (Foto: Ist)
IM Novendra Priasmoro di Festival Catur Praha. (Foto: Ist)

Catur

Novendra Priasmoro Selangkah Lagi Raih Grand Master

Olahraga catur
Dendi Suharyana • 18 Februari 2020 16:18
Praha: Pecatur muda Indonesia, Internasional Master atau IM Novendra Priasmoro saat ini sedang bertempur di Festival Catur Praha 2020 di Republik Ceko. Di ajang yang berlangsung sejak 11 Februari dan akan berakhir 22 Februari nanti, pecatur binaan PT United Tractors ini tinggal selangkah lagi meraih titel tertinggi dunia catur, yakni Grand Master baru Indonesia.
 
Novendra ke Praha bersama pecatur cilik berusia 14 tahun, CM Aditya Bagus Arfan yang memiliki elo rating 2.285. Bagi Novendra, selain untuk menambah pengalaman dan rating poin, Festival Catur Praha jadi harapan melengkapi 7 poin rating untuk mencapai rating GM 2.500. Saat ini elo rating Novendra berada di 2.493.
 
Peluang meraih GM terbuka lebar bagi Novendra, setelah pecatur asal DKI Jakarta ini meraih tiga kemenangan beruntun, di antaranya atas pecatur tuan rumah, Fide Master Daniel Sorm. Dari tiga kemenangan itu, Novendra mengoleksi 5,2 rating poin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejatinya gelar GM sudah bisa melekat di depan namanya, jika saja di babak keempat hari Senin 17 Februari kemarin, Novendra mampu mengungguli pecatur kelahiran Ukraina berpaspor Ceko, Grand Master Alexey Kislinsky. Novendra dipaksa bermain remis, sehingga harus rela menunda peraihan GM.
 
Dalam pesan WhatsApp nya kepada medcom.id, Manajer Tim United Tractors yang juga Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem mengatakan, Novendra melakukan kesalahan saat membagun perencanaan strategi jangka panjang, yang dimulai pada langkah 16.
 
Saat itu posisi seimbang. Novendra mainkan 16 Bfc8, dengan menggeser Bentengnya dari F8 ke perak C8 dengan strategi membangun serangan dari sayap Menteri. Ini keliru. Alexey dengan mudah menangkis, bahkan memberikan serangan balik berbahaya. Posisi akhir Alexey vs Novendra pada langkah 51, dan disepakati remis. Hasil ini membuat rating Novendra minus 0,7 poin, sehingga tabungan ratingnya menjadi 4,5 poin.
 
Perburuan gelar GM akan kembali dilakukan Novendra PADA babak kelima hari Selasa pukul 15.00 waktu Ceko atau pukul 21.00 WIB. Novendra akan bertemu pecatur Jerman, FM Julian Kramer pemilik elo rating 2.400.
 
Novendra wajib menang dengan raihan 3,7 poin, sehingga persyaratan mendapatkan 7 poin terlampaui, dan pecatur 20 tahun ini akan resmi menjadi Grand Master ke-delapan di Indonesia, dan peraih GM termuda kedua setelah Susanto Megaranto yang meraih gelar GM saat usia 17 pada 2003 silam.
 
Video: Jelang PON 2020, Klub Basket Selebriti Jajal Mimika Sport Complex
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif