Carlos Alcaraz (kanan) berjabat tangan dengan Rafael Nadal. (OSCAR DEL POZO / AFP)
Carlos Alcaraz (kanan) berjabat tangan dengan Rafael Nadal. (OSCAR DEL POZO / AFP)

Madrid Open 2022

Perdana, Carlos Alcaraz Kalahkan Rafael Nadal di Madrid Open

Olahraga tenis Olahraga
Kautsar Halim • 07 Mei 2022 07:08
Jakarta: Petenis muda Spanyol Carlos Alcaraz untuk pertama kalinya mengalahkan Rafael Nadal yang merupakan idolanya sendiri. Itu terjadi setelah dia menang dengan skor 6-2, 1-6, 6-3 pada perempat final Madrid Open 2022, Jumat 6 Mei waktu setempat.
 
"Semua kerja keras yang saya lakukan setiap hari terbayar hari ini. Untuk mengalahkan Rafa, untuk mengalahkan pemain terbaik dalam sejarah di lapangan tanah liat, itu sangat berarti bagi saya," kata Alcaraz yang berusia 19 tahun seusai laga seperti dikutip dari AFP.
 
"Saya jatuh di set kedua dan itu sangat mempengaruhi saya. Tapi ketika saya kalah pada set kedua, saya pergi ke kamar mandi dan percaya saya bisa bangkit," tambahnya soal kunci kemenangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bisa melakukan yang terbaik, mencoba segalanya di lapangan, berjuang sampai bola terakhir dan saya pikir itu adalah kuncinya," lanjut Alcaraz.
 
Alcaraz sejatinya telah dua kali dari Nadal yang berusia 35 tahun dan berstatus sebagai mantan petenis terbaik dunia. Tapi saat itu, Alcaraz selalu menelan kekalahan.
 
Dengan kemenangan kali ini, Alcaraz yang baru saja merayakan ulang tahunnya pada Rabu itu mendapat kado tiket semifinal untuk bertemu petenis nomor satu dunia Novak Djokovic yang mengalahkan wakil Polandia Hubert Hurkacz dengan skor 6-3 dan 6-4 pada perempat final.
 
Alcaraz mengatasi cedera yang dialaminya dalam perjalanan meraih kemenangan kali ini. Sementara itu, Nadal selaku pemenang lima kali Madrid Open juga melakoni turnamen dengan sedikit persiapan karena sempat absen selama enam pekan karena cedera tulang rusuk.
 
Jalannnya Pertandingan
 
Pada 20 menit awal set pertama, Alcaraz unggul 3-1. Nadal hanya mengumpulkan satu gim lagi hingga akhir set yang dipimpin Alcaraz.
 
Saat gim ketiga set kedua, Alcaraz terjatuh ketika mencoba merebut bola dan dia harus menjalani perawata medis yang cukup lama pada kedudukan 1-2 untuk membalut pergelangan kakinya.
 
Unggulan ketujuh itu sempat patah semangat saat permainan dimulai dan Nadal memimpin 3-1 hingga merebut set kedua.
 
Alcaraz lantas istirahat ke toilet dan tampak bangkit pada awal set ketiga untuk mematahkan servis Nadal di gim keempat dan memimpin 3-1. 
 
Setelah itu, dia sukses menahan servis Nadal pada sisa permainan untuk menyelesaikan kemenangan dalam dua jam 28 menit. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif