Jelang Asian Games 2018

INASGOC Jalin Kerja Sama dengan BSSN

M. Rizky Adhestian 03 Mei 2018 15:35 WIB
asian games 2018
INASGOC Jalin Kerja Sama dengan BSSN
Ketua INASGOC Erick Thohir (Foto: M. Rizky/Medcom.id)
Jakarta: Komite resmi Asian Games 2018, INASGOC, menjalin kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kerja sama tersebut dalam upaya keamanan siber pada acara Asian Games mendatang.

INASGOC terus melakukan persiapan menjelang Asian Games 2018. Salah satunya, komite resmi tersebut mengupayakan keamanan berjalannya acara.

Ketua INASGOC, Erick Thohir, mengatakan pihaknya telah menggelar koordinasi dengan berbagai pihak termasuk BSSN. Di antaranya, melibatkan juga Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara.

Klik di sini: Sukseskan Asian Games, Perusahaan Jepang Gandeng Generasi Muda Indonesia

Menurut Erick, upaya pengamanan ini demi menghindari serangan siber yang dapat menimbulkan masalah dari segi digital pada Asian Games 2018. Ia merujuk pada kejadian yang menimpa Winter Olympics 2018 di Korea Selatan.


"Kami berkoordinasi dan membuat kesepakatan untuk saling dukung (dengan BSSN). Karena memang eranya sekarang siber dan digital," kata Erick.

"Jadi, terlepas apa yang kami siapkan di sistem MOC (Management of Change) sudah dites baik, tetapi tidak ada salahnya kita menjaga sebagai dua garda," lanjutnya.

"Karena kami tidak mau ada serangan siber seperti pada pembukaan Winter Olympics (Korsel) terjadi, sampai tertunda satu jam. Ini kita jangan sampai (seperti itu)," sambungnya.

Selain itu, Erick juga mengaku pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak kemanan lain. Diantaranya adalah INAFIS (Automatic Finger Print Identification System) dari kepolisian dan BAIS (Badan Intelijen Strategis) dari TNI.

INASGOC Mulai Tata Venue pada H-100 Asian Games




(FIR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id