Wu Yibing. (Sarah Stier / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Wu Yibing. (Sarah Stier / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Setelah 63 Tahun, Baru Ada Lagi Petenis Tiongkok yang Menang di Grand Slam

Kautsar Halim • 30 Agustus 2022 21:11
Jakarta: Wu Yibing berhasil menyingkirkan unggulan ke-31 Nikoloz Basilashvili dari ajang US Open 2022 pada Senin 29 Agustus waktu setempat. Tren positif itu terbilang spesial karena belum pernah ada petenis Tiongkok yang mampu memenangi laga nomor tunggal Grand Slam dalam 63 tahun terakhir.
 
Seperti dilansir Antara, Wu yang berusia 22 tahun menaklukkan Basilashvili dengan skor 6-3, 6-4, 6-0 pada babak pertama. Kemenangan itu dia raih sambil melontarkan sembilan ace dalam 31 winner atas lawannya yang berasal dari Georgia.
 
Sebelumnya, petenis Tiongkok terakhir yang memenangi pertandingan tunggal Grand Slam adalah Mei Fu Chi, dan itu pun terjadi ketika dia melakoni ajang Wimbledon pada 1959 silam. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak selesai sampai di situ, Wu yang tampil dari babak kualifikasi juga menjadi petenis putra Tiongkok pertama yang memenangi pertandingan tunggal US Open setelah Cheng Guy pada 1935 silam.
 
Merespons pencapaiannya, Wu tentu mengaku senang. Tapi, dia tidak puas hanya memenangi babak pertama dan ingin menjaga tren positif itu pada laga selanjutnya. 
 
"Senang dan mengasyikkan, tetapi masih banyak pertandingan yang akan datang," kata Wu yang kini berada di ranking ke-174 dunia seperti dilansir AFP dari atptour.com.
 
"Saya tidak tahu apakah dia sakit atau apa ketika memainkan set ketiga. Saya hanya berusaha menguasai semua bola dan tetap dalam permainan. Saya tidak memikirkan menang atau kalah," tambahnya
 
"Itulah mengapa saya kira saya tidak menunjukkan banyak emosi. Saya merasa cukup tenang," lanjut Wu.
 
Wu sejatinya berstatus sebagai juara junior 2017 di New York, yang karier profesionalnya sempat terganggu karena cedera yang membuatnya harus menepi sejak Maret 2019 hingga 2022. Situasi itu sempat membuatnya berada di ranking 1.869 per Maret lalu, tapi kini dia sudah memenangi 14 laga secara beruntun.
 
Selanjutnya pada babak kedua, Wu akan berhadap dengan petenis Portugal Nuno Borges yang juga berasal dari fase kualifikasi. Sebelumnya, Borges sukses melewati babak pertama setelah menundukkan penerima wildcard asal AS Ben Shelton dengan skor 7-6(8/6), 3-6, 7-6 (5/7), 6-7 (8/10), 6-3. (ANT)

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif