Bintang Arena: Beto Goncalves Sang Penyelesai Ulung
Beto Goncalves. (Foto: Medcom.id / Kautsar)
Jakarta: Usia Alberto 'Beto' Goncalves memang tak lagi muda. Namun, semangat dan isntingnya di kotak penalti lawan tak pernah termakan senja. Beto, sang striker ulung, menjadi pelepas dahaga akan striker murni timnas Indonesia yang stoknya makin menipis.

Meski lahir dan besar di Brasil, penyerang berumur 37 tahun itu sudah kenyang akan pengalaman bermain di Indonesia. Namanya melambung bersama Persipura Jayapura, tim yang ia bela mulai dari 2007-2010, dan pada musim 2011--2012.

Di klub berujuluk Mutiara Hitam itu, ia bermain di lebih dari 100 pertandingan dengan mencetak tak kurang dari 80 gol. Persipura sempat melepasnya ke Arema tahun 2012--2014, dan kini berstatus pemain Sriwijaya FC.


Mengikuti jejak Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, dan Greg Nwokolo, Beto memutuskan mengganti kewarganegaraan menjadi warga Indonesia. Kesempatan untuk membela timnas Indonesia pun didapatnya pada Asian Games 2018 ini.

Dipercaya membela lambang Garuda di dada, Goncalves membayarnya dengan performa istimea. Tiga gol sudah ia lesakkan dari dua laga yang telah ikuti.

Gol pertamanya ia sumbangkan saat Indonesia melumat Taiwan 4-0. Memang di babak pertama, ia beberapa kali melewatkan peluang emas, tapi di interval kedua ia menuntaskan rasa penasaran suporter timnas.

Pada laga kedua kontra Palestina, pelatih kepala Luis Milla tidak memasangnya. Rotasi pemain yang diterapkan Milla membuat ia harus mengalah memberikan tugas mencetak gol kepada pemain lain.

Terakhir, Beto kembali membuktikan bahwa ia memang layak dipanggil masuk skuat timnas di Asian Games 2018. Tak cuma satu, Beto berhasil mencetak dua gol ke gawang Laos untuk membantu Merah Putih menang telak 3-0.

Masih ada waktu dan kesempatan buat Beto untuk menjadi figur terbaik sebagai striker murni. Indonesia (pernah) punya banyak nama, seperti Ilham Jaya Kesuma, Kurniawan Dwi Yulianto, Boaz Solossa, atau deretan striker muda seperti Sutan Zico, Aji Kusuma, sampai Hanis Saghara. Untuk saat ini, setidaknya ia telah menjadi pelepas dahaga.

Video: Hadapi Laos, Garuda Muda Rotasi Pemain
 



Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id