Siswa mendengarkan arahan Kepala SMPN 30 Atiyatul Farida (tengah) saat uji kompetensi di Lapangan Sepak Bola Merpati-Dok SMPN 30
Siswa mendengarkan arahan Kepala SMPN 30 Atiyatul Farida (tengah) saat uji kompetensi di Lapangan Sepak Bola Merpati-Dok SMPN 30

Sportainment

Yuk, Cetak Atlet Bertalenta dan Berpendidikan di Kota Depok

rizkiyanuardi • 06 Juli 2022 15:56
Depok: "Pusing dan repot." Kata-kata tersebut sering keluar dari mulut orang tua yang anak-anaknya ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah lanjutan yang lebih tinggi, seperti siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) yang ingin melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama negeri.
 
Kini, biar tidak ada lagi keluar kata pusing dan repot, para orang tua yang berdomisili dan memiliki Kartu Keluarga di Kota Depok, Jawa Barat, bisa mendaftarkan anaknya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30, sekolah negeri dengan tematik olahraga.
 
SMPN 30 Kota Depok, Jawa Barat, adalah sekolah tematik olahraga pertama di Indonesia. SMP Negeri 30 akan memiliki angkatan ke-2 nya pada tahun ajaran 2022/2023 ini.
Yuk, Cetak Atlet Bertalenta dan Berpendidikan di Kota Depok
Suasana pengarahan calon siswa di SMPN 30, sekolah bertematik olahraga (Foto Dok SMPN30)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekolah tematik olah raga ini memang dikhususkan bagi siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) yang memang memiliki bakat dan minat di olah raga. SMP Negeri 30 terletak di Jalan Gelatik Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.
 
Menurut Kepala SMPN 30 Atiyatul Farida, saratnya mudah saja. Selain KK Depok, setelah diterima berkas surat kelulusannya, para lulusan SD tersebut diminta menyertakan sertifikat atau surat keterangan terdaftar di klub-klub olah raga seperti di sekolah sepak bola, futsal, renang, bulu tangkis, silat, taekwondo, dll.
 
Apabila tersaring di tahap awal, para calon siswa wajib mengikuti tes uji kompetensi sesuai cabang olah raga yang sudah diminati. Seleksi dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa tersebut memiliki minat dan bakat di cabang olah raga. Uji kompetensi tahap 1 sudah dilakukan pada 5 Juli 2022, Uji kompetensi tahap 2 akan digelar pada 12 Juli 2022 mendatang.
 
"Untuk sepak bola, karena SMPN 30 bersebelahan dengan Stadion Merpati milik Pemkot Depok, seleksi dilakukan di sana. Kalau cabor yang tidak ada fasilitasnya, dan berjauhan, maka si siswa kami minta memvideokan kegiatannya, live tanpa edit," lanjut Atiyatul Farida, Rabu 6 Juli 2022.
Yuk, Cetak Atlet Bertalenta dan Berpendidikan di Kota Depok
Uji kompetensi tahap 1 di Stadion Merpati, Kota Depok (Dok SMPN 30)
 
Lebih lanjut, Atiyatul menerangkan, tahun ajaran 2022--2023, SMPN 30 akan menerima peserta didik sebanyak 160 siswa (rata-rata 32 siswa setiap kelas). Sebanyak 160 siswa tersebut berlatar belakang cabor sepak bola, futsal, renang, silat, karate, taekwondo, kano, bulu tangkis, dan voli.
 
Ke depannya nanti, Atiyatul ingin SMPN 30 melahirkan para atlet muda potensial yang bisa mengharumkan nama Kota Depok, propinsi maupun nasional, yang juga memiliki kemampuan akademik yang baik di sekolahnya.
 
"Bagaimana dia (siswa, red) bisa menerima arahan dari pelatihnya, jika dia tak memahami pelajaran di sekolahnya," kata Atiyatul.
 
Atiyatul berharap kerja sama Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah Kota Depok dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Depok dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Depok terus berlanjut. Cita-cita untuk melahirkan atlet muda bermental kuat yang memiliki intelektual terasah bisa tercapai.
 
SMPN 30 dalam prakteknya, 40 persen berbasis Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) di sekolah, sisanya 60 persen berlatih olah raga.
 
"Yang penting bagi anak-anak, selain punya talenta olahraga juga mau belajar supaya pintar."
 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif