Laga di Proliga-Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Laga di Proliga-Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko

Proliga

Kompetisi Proliga Digelar 31 Januari 2021

Olahraga olah raga voli
Antara • 05 Agustus 2020 20:19
Format pertandingan Proliga 2021 akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kompetisi musim depan hanya akan dilangsungkan selama tiga pekan.
 
Jakarta: Kompetisi bola voli Proliga 2021 akan berlangsung mulai 31 Januari-28 Februari 2021 alias tahun depan di satu tempat, yakni di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.
 
Direktur Proliga Hanny S. Surkatty, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 5 Agustus, mengatakan bahwa alasan penggunaan satu tempat dipilih untuk menghindari potensi penyebaran virus korona seandainya pandemi takkunjung mereda hingga tahun depan. Lagi pula, kata dia, kompetisi akan berlangsung tanpa penonton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau tanpa penonton buat apa pindah-pindah tempat. Di satu tempat tim jadi hemat, panitia juga jadi lebih hemat. Dan semua pertandingan disiarkan secara langsung di TV nasional dan livestreaming," ujar Hanny usai memimpin rapat persiapan Proliga 2021.
 
Selain itu, format pertandingan Proliga 2021 juga akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kompetisi musim depan hanya akan dilangsungkan selama dua pekan untuk babak reguler, dan satu pekan untuk semifinal sekaligus final.
 
Tak hanya itu, setiap tim hanya diperkenankan menggunakan maksimal satu pemain asing pada kompetisi musim depan.
 
Sementara bagi pemain lokal akan ada peraturan pembatasan gaji yang terbagi ke dalam beberapa kategori, yakni pemain non tim nasional, pemain tim nasional, dan pemain nasional yang bermain di internasional.
 
"Hal ini diterapkan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dari klub-klub peserta Proliga di dalam memberikan gaji kepada pemainnya," ucap Hanny.
 
Demi mencegah penularan virus, seluruh panitia dan petugas lapangan nantinya akan diisolasi di padepokan voli milik PP PBVSI itu. Seluruh peserta yang terlibat, baik pemain, ofisial tim, petugas lapangan, dewan hakim, SRC, wasit, maupun panitia harus melewati tes bebas COVID-19.
 
Setidaknya ada sembilan tim yang dipastikan ikut serta pada kompetisi Proliga musim depan, yaitu Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung Bank bjb Pakuan, Gresik Petrokimia, Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank Sumsel Babel, Lamongan Sadang MHS, dan Jakarta PGN Popsivo Polwan.
 
Sebelumnya, Proliga 2020 terpaksa dihentikan usai putaran kedua reguler, pada 11-13 Maret 2020 yang berlangsung di Yogyakarta akibat pandemi COVID-19.
 
Berikut jadwal Proliga 2021:
 
Putaran pertama: 31 Januari-7 Februari 2021
Putaran kedua: 14-21 Februari 2021
Semifinal putri: 25 Februari 2021
Semifinal putra: 26 Februari 2021
Final putri: 27 Februari 2021
Final putra: 28 Februari 2021
 
Video: Rafael Nadal Mundur dari US Open 2020 karena Pandemi COVID-19

 
(RIZ)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif