Pembukaan kompetisi berkuda Equestrian Champions League 2020 (Ist)
Pembukaan kompetisi berkuda Equestrian Champions League 2020 (Ist)

ECL 2020, Menjaring Atlet Berkuda untuk Asian Games hingga Olimpiade

Olahraga olahraga
Rendy Renuki H • 14 Desember 2019 11:34
Jakarta: Kompetisi olahraga ketangkasan berkuda bertajuk Equestrian Champions League (ECL) 2020 resmi dibuka, Sabtu 14 Desember. Wadah kompetisi ketangkasan berkuda di Jakarta Equestrian Park, Pulomas itu resmi dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Sebanyak 300 peserta dari 25 klub equestrian se-Indonesia turut serta dalam kompetisi tersebut. Termasuk didalamnya 150 atlet dan 200 kuda yang akan tampil di tiga kelas berbeda pada kompetisi yang akan berlangsung hingga 16 Desember.
 
Kompetisi yang digelar meliputi kategori Show Jumping (ketangkasan pengendalian berkuda
melompati rintangan), Dressage (perpaduan estetika dan pengendalian kuda yang baik) dan
Eventing (rangkaian Dressage, Show Jumping dan Cross Country Course).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi ECL ini liga pertama equastrian yang punya tujuan peningkatan olahraga cabang ini, karena olahraga ini butuh latihan rajin untuk bisa berprestasi," kata Co-Founder ECL Adinda Yuanita.
 
"Apalagi sebelumnya tak ada kompetisi berkesinamabungan, dan adanya ECL akan menaikkan kompetitif dan pastinya prestasi," sambungnya.
 
Kompetisi ECL 2020 ini pun menurutnya sebagai sarana menjaring atlet berkuda Tanah Air. Di mana nantinya akan dipersiapkan ke ajang multievent seperti Asian Games hingga Olimpiade.
 
"Walaupun cabang ini sendiri sudah bagus di Asia Tenggara, kita harus meningkatkan ke Asian Games. Asian Games kita sudah meningkat, paling tidak kita masuk final peringkat tujuh," tutur Adinda.
 
"ECL punya database real time, jadi prestasi mereka bisa terpantau melalui database. Ajang ini juga bagian dari try-in atlet equestrian untuk ke depannya bisa dipilih atlet yang dikirim ke training camp multievent," pungkas Adinda.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif