NEWSTICKER
 Pelatih Timnas Futsal Indonesia, kensuke Takahashi. (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Pelatih Timnas Futsal Indonesia, kensuke Takahashi. (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Tatap Kejuaraan Asia, Pelatih Futsal Indonesia Tekankan Mental Bertanding

Olahraga futsal
Ahmad Mustaqim • 05 Januari 2020 17:02
Yogyakarta: Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia mulai melakukan berbagai persiapan guna menghadapi Kejuaraan Futsal Asia atau AFC Futsal Championship pada 26 Februari-8 Maret 2020 di Uzbekistan. Persiapannya tak sebatas taktik dan teknik, namun juga mental.
 
Sejauh ini, pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi masih memantau serius pertandingan pekan kedua Grup A Liga Futsal 2020 di Gedung Olagraga (GOR) Amongrogo Yogyakarta pada 4-5 Januari. Itu dilakukan untuk mencari pemain yang tepat di AFC Championship 2020.
 
“Masih belum ada jelas juga (gambaran timnya). Belum tahu siapa. Masih menunggu,” ujar Kensuke di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (5/1/2020).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski belum tahu gambaran tim, Kensuke sudah mempelajari lawan-lawan timnas futsal Indonesia yang tergabung dalam Grup C AFC Championship, yakni tuan rumah Uzbekistan, Tiongkok dan Bahrain.
 
Berdasarpeta kekuatan, tuan rumah disebutkannya berada di ranking lebih baik, yakni posisi 26 dunia. Lalu, Tiongkok di rangking 74 dan Bahrain posisi 89. Di sisi lain, timnas futsal Indonesia berada di rangking 47 dunia.
 
Melihat situasi grup tersebut, Kensuke merasa tak ada yang perlu ditakutkan. Ia masih yakin timnas futsal Indonesia memiliki peluang menang lawan tim manapun.
 
“Saya rasa kesempatan untuk menang (lawan) tim manapun pasti ada. Siap melawan tim siapapun. Bagaimana caranya menang juga tergantung dalam persiapan mentalitas di dalam pertandingan,” ujarnya.
 
Kensuke melontarkan pernyataan itu berdasar hasil timnas futsal Indonesia pada AFC Championship tahun lalu. Seperti diketahui, Indonesia bisa di posisi empat besar yang merupakan pencapaian terbaik sepanjang sejarah futsal Tanah Air.
 
Kensuke menegaskan, ada dua tugasnya sebagai pelatih futsal Indonesia, yakni memantau setiap perkembangan pemain dan menyiapkan simulasi kesiapan pemain di kompetisi.
 
“Hal terburuk jangan sampai terjadi. Saya kira setiap bertanding pasti berhubungan dengan mentalitas anak-anak,” tutup pelatih asal Jepang ini.
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif