Mantan atlet renang Indonesia, Albert C. Sutanto & Felix C. Sutanto (Metro Sport Podcast)
Mantan atlet renang Indonesia, Albert C. Sutanto & Felix C. Sutanto (Metro Sport Podcast)

Momen Berkesan Albert & Felix C. Sutanto saat Aktif sebagai Perenang Nasional

Olahraga renang sea games 2017
Kautsar Halim • 30 April 2022 20:53
Jakarta: Albert dan Felix C. Sutanto bercerita tentang momen paling spesial ketika masih aktif sebagai perenang andalan Indonesia. Meski berstatus sebagai saudara kembar, mereka tampak berbeda dalam hal ini.
 
Felix mengaku baru masuk pelatnas pada 1990 atau ketika berusia 15 tahun, sedangkan Albert yang lahir lima menit lebih dulu baru dipanggil pelatnas setahun kemudian. Jadi, cukup wajar jika keduanya memiliki momentum spesial yang berbeda.
 
"Saya sih terus terang, yang pertama pasti Olimpiade karena itu tujuan utama kita. Tapi di luar itu adalah SEA Games 1999 karena saya baru merasakan latihan sehari tiga kali," ujar Albert dalam tayangan YouTube Metro Sport Podcast.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi di situ, kita ngedumel tapi saat SEA Games bisa mendapatkan prestasi terbaik, yaitu lolos ke Olimpiade, 3 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu," tambahnya.
 
Sementara itu, Felix menuturkan bahwa momentum istimewanya terjadi pada SEA Games 1997 di Jakarta karena dia mampu tampil di luar perkiraan dengan meraih emas dari lawan yang cukup berat, yakni Ratapong Sirisanont asal Thailand.
 
"Pada saat itu, kita tidak ditargetkan (menang) tapi saya bisa mencuri 1 medali emas dari pemegang emas Asian Games 1994 Hiroshima, Ratapong Sirisanont dari Thailand. Dan itu beda suasananya ketika menang di negara sendiri," ujar Felix kepada Boy Noya selaku host Metro Sport Podcast.
 
"Jadi ketika naik (dari kolam), dipanggil ke tribun, terus mendapat tepuk tangan juga dari Pak Ginandjar Kartasasmita (mantan Ketum PRSI), gemuruhnya sangat terasa dan itu sangat berkesan buat saya," tambahnya.
 
Berbagai prestasi telah diraih Albert dan Felix yang sama-sama lahir pada 24 Desember 1975.
Beberapa di antaranya, khusus Albert, dia pernah dua kali mewakili Indonesia di ajang Olimpiade 2000 dan 2004, serta menyabet 9 emas, 5 perak dan 16 perunggu saat tampil delapan kali berturut-turut di ajang SEA Games 1991 hingga 2005.
 
Di sisi lain, Felix juga pernah mewakili Indonesia di Olimpiade 2000 dan tampil di SEA Games 2005 Manila sambil menyumbang 1 emas serta 1 perak.  Kemudian, dia juga mampu mengumpulkan 16 gelar dari ajang NAIA Men's Swimming dan Diving Championship saat mengenyam pendidikan di Amerika Serikat.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif