Pembukaan Asian Track Championship ATC 2019 dibuka dengan Tari Saman. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Pembukaan Asian Track Championship ATC 2019 dibuka dengan Tari Saman. (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

ATC 2019 Dibuka dengan Tari Saman

Olahraga balap sepeda
Kautsar Halim • 09 Januari 2019 00:16
Asian Track Championship (ATC) 2019 merupakan ajang bergengsi yang diikuti pembalap terbaik Asia. Mereka tidak hanya memperebutkan gelar juara, melainkan mengumpulkan poin untuk bisa tampil di Olimpiade Tokyo pada 2020.

Jakarta:
Perhelatan Asian Track Championship (ATC) 2019 resmi dibuka pada Selasa 8 Januari malam WIB. Seremoni pembukaan berlangsung di Jakarta International Velodrome yang merupakan lokasi perlombaan.

Seluruh pihak yang terkait turut antusias menghadiri upacara pembukaan. Tak terkecuali, Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, para peserta dan ofisial serta perwakilan federasi balap sepeda internasional atau Union Cycliste Internationale (UCI).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Sebuah kehormatan bisa menjadi tuan rumah event ini. Kita (masyarakat Indonesia) jadi bisa melihat banyak pembalap sepeda terbaik Asia dan dunia untuk berjuang mencari poin menuju Olimpiade 2020," kata Okto saat menyampaikan kata sambutan. "Saya undang semua masyarakat Indonesia untuk bergabung meramaikan sejarah ini. Semua pembalap terbaik Asia nomor trek ada di sini," tambahnya.
 

Baca: 16 Negara Siap Bersaing di Asian Track Championship 2019


Selepas para stakeholder menyampaikan kata sambutan, seremoni pembukaan dilanjutkan dengan persembahan Tari Saman yang menjadi kesenian khas D.I Aceh. Pertunjukan mereka tak jarang mengundang tepuk tangan audiensi.


(Suasana Pembukaan Asian Track Championship ATC 2019. Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

ATC 2019 dijadwalkan berlangsung selama enam hari di Jakarta International Velodrome (8-13 Januari). Tercatat, ada 297 pembalap dari 16 negara di Asia yang berpartisipasi. Selain itu, ada enam negara juga yang bertanding di berbagai nomor paracycling.
 

Baca juga: ATC 2019, Ajang Pengumpulan Poin untuk Olimpiade Tokyo 2020


Khusus tim Indonesia itu sendiri menurunkan 41 atlet. Rinciannya, 14 pembalap regular, 14 pembalap elite, 6 atlet paracycling dan 7 atlet junior. Mereka semua akan berjuang maksimal demi tabungan poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

ATC 2019 merupakan event dengan raihan poin tertinggi menuju Olimpiade. Oleh karena itu, seluruh pembalap sepeda terbaik di Asia juga akan ikut meramaikan. 

ATC 2019 merupakan kali kedua Indonesia jadi tuan rumah lomba balap sepeda bertaraf Asia. Sebelumnya, event serupa pernah terselenggara 10 tahun lalu di Velodrome Tarakan, Kalimantan Timur.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Persija Jajal Lapangan Latihan Baru



(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi