Warga Tokyo melintas di depan logo Olimpiade 2020 (Behrouz MEHRI / AFP)
Warga Tokyo melintas di depan logo Olimpiade 2020 (Behrouz MEHRI / AFP)

Resmi, Olimpiade Tokyo Diundur Satu Tahun

Olahraga Virus Korona olimpiade 2020
Rendy Renuki H • 31 Maret 2020 09:10
Jakarta: Komite Olimpiade Internasional (IOC) resmi menentukan waktu gelaran Olimpiade Tokyo. Multievent empat tahunan itu akan diundur selama satu tahun dan digelar 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.
 
Sementara, penyelenggaraan Paralimpiade Tokyo juga diundur dan berlangsung pada 24 Agustus hingga 5 September 2021. Keputusan tanggal tersebut merupakan hasil rapat IOC, Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Tokyo 2020Organising Committee, serta pemerintah Tokyo dan Jepang.
 
Pandemi korona yang terjadi secara global membuat agenda Olimpiade terganggu. Awalnya, Olimpiade Tokyo akan dilaksanakan 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Namun, tingginya risiko memaksakan menggelar Olimpiade di tengah pandemi korona membuat IOC mengeluarkan keputusan baru pada Senin 30 Maret.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Resmi, Olimpiade Tokyo Diundur Satu Tahun
Surat keputusan IOC soal pemunduran tanggal pelaksanaan Olimpiade Tokyo (Dok. Sesmenpora Gatot S Dewa Broto)
 
"Keputusan ini sejalan dengan banyaknya komentar dan permintaan yang kami terima sepanjang dan setelah telekonferensi Kamis (26/3) yang meminta kami menentikan tanggal baru secepatnya," bunyi surat pernyataan IOC yang ditandatangani Presiden Thomas Bach.
 
"Dengan pengumuman ini, saya optimistis dengan kerja sama kita bisa menguasai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Manusia bisa menemukan jalannya di lorong hitam, Olimpiade Tokyo 2020 ini bisa menjadi cahaya mengakhiri lorong tersebut," sambung Thomas Bach.
 
Rencananya, usai pengumuman ini IOC akan kembali menggelar rapat lanjutan. Namun belum dijabarkan pembahasannya dan waktu pelaksanaan rapat tersebut.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif