Ilustrasi Bus milik Dinas Perhubungan Ppaua. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Ilustrasi Bus milik Dinas Perhubungan Ppaua. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

627 Bus Siap Layani Atlet dan Ofisial PON XX

Olahraga pon 2020
Roylinus Ratumakin • 05 Februari 2020 17:24
Jayapura: Kementrian RI melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat telah menyumbang 672 bus untuk menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di tanah Papua dalam hal transportasi.
 
Kepala Dinas Perhubungan Papua, Reky Douglas Ambrauw menjelaskan, 627 bus tersebut terbagi menjadi dua jenis. Pertama, bus medium dengan 24 tempat duduk, dan kedua bis tipe mikro berkapasitas 19 tempat duduk.
 
“Bantuan bus ini berdasarkan hasil pertemuan Pemerintah Papua melalui Dinas Perhubungan dengan Kementrian Perhubungan RI,” kata Reky di Jayapura, Rabu (5/2/2020).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reky melanjutkan, 627 bus tersebut akan tiba di Jayapura paling lambat 3 hari sebelum pertandingan pertama dan bakal digunakan untuk kepentingan atlet serta ofisial peserta. Bus itu juga akan tersebar di empat klaster penyelenggara, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.
 
“Untuk Kota Jayapura 258 bus (52 medium dan 206 mikro), Kabupaten Jayapura 176 bus (35 medium dan 141 mikro), Kabupaten Mimika 132 bus (28 medium dan 104 mikro) dan Kabupaten Merauke 61 bus (25 medium dan 36 mikro),” ujarnya.
 
Reky menjelaskan, 627 bus itu juga telah dibekali pengemudi dan teknisi yang berjumlah 939 orang. Pengecekan kesehatan pengemudi dan pengenalan medan kepada masing-masing supir akan dilakukan setelah tiba di Jayapura. Untuk tamu VIP, Reky mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan transportasi khusus.
 
“Bus itu untuk atlet dan official saja, namun kami (Dinas Perhubungan) juga menyiapkan kendaraan bagi tamu VIP. Intinya kami sangat siap untuk menyukseskan PON,” tutup Reki sembari menambahkan, Kementrian Perhubungan RI mengisyaratkan akan menghibahkan beberapa bus juga untuk pemerintah Papua dan Papua Barat.

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif