GM Novendra Priasmoro meraih trofi juara turnamen catur Liberec Open 2020, dan mencatat prestasi sensasional delapan kali menang satu hasil remis. (PB Percasi/Kristianus Liem)
GM Novendra Priasmoro meraih trofi juara turnamen catur Liberec Open 2020, dan mencatat prestasi sensasional delapan kali menang satu hasil remis. (PB Percasi/Kristianus Liem)

Novendra Catat Prestasi Sensasional di Republik Ceko

Olahraga olahraga catur
Dendi Suharyana • 01 Maret 2020 05:26
Liberec: Novendra Priasmoro secara meyakinkan mengoleksi 8,5 poin dalam turnamen Liberec Open 2020, yang berlangsung sembilan babak dan berakhir pada Sabtu pagi waktu Republik Ceko.
 
Pada partai pamungkas, pecatur binaan PT United Tractors itu harus menerima remis pada langkah 62 pertahanan Sisilia variasi Naga, setelah bertarung 4,5 jam lawan Franciszek Sernecki (2218) dari Polandia.
 
"Saya keliru mainkan 8.d3, harusnya d4 biar permainan jadi liar terbuka. Langkah d3 terlalu kalem. Lawan jadi mudah melanjutkannya," tutur Novendra sedikit kesal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manajer Tim United Tractors, Kristianus Liem, yang setia mendampingi Novendra selama di Republik Ceko, mengatakan hasil remis itu membuat tambahan rating pecatur asal DKI tersebut berkurang menjadi 12,5 poin. Namun, Kristianus yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi ini, menilai catatan tersebut merupakan prestasi sensasional.
 
"Bertengger sendirian dengan 8,5 poin, satu setengah poin di atas peringkat kedua, merupakan prestasi sensasional. Novendra membuktikan diri layak menyandang gelar GM di depan namanya," puji Kristianus dalam pesan WhatsApp kepada Medcom.id hari Minggu 1 Maret dini hari WIB.
 
Sementara, pecatur muda Indonesia lainnya yang juga binaan UT, Aditya Bagus Arfan, sukses mengakhiri turnamen tahunan resmi Federasi Catur Dunia (FIDE) dengan kemenangan manis. Adit menang atas pecatur jelita, Aneta Korosciel (1968) yang juga dari Polandia. Adit bertengger di peringkat 5 dengan 6,5 poin, dengan tambahan rating 2 poin.
 

Video: Imbas Virus Korona, Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal?
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif