Ilustrasi sepatu roda (Medcom.id/Roni Kurniawan)
Ilustrasi sepatu roda (Medcom.id/Roni Kurniawan)

Porserosi: Fasilitas Minim Bikin Atlet Latihan di Jalan Raya

Olahraga Olahraga
Gregorius Gelino • 10 Mei 2022 13:30
Jakarta: Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) mengakui bahwa pengguna sepatu roda yang sempat melintas di jalanan Ibukota merupakan atletnya. Menurut mereka, itu dilakukan karena mereka perlu berlatih demi melakoni marathon sepatu roda.
 
"Mereka latihan kemarin, dari informasi yang diberikan pengprov, untuk marathon. Mereka marathon sejauh 42 kilometer dan kalau di perlombakan di dunia internasional, memang harus di jalan raya," kata Sekjen Porserosi, Sandra Erawanto, kepada Medcom.id pada Selasa (10/5) pagi.
 
Erawanto mengakui bahwa Pengprov Porserosi DKI Jakarta sempat lalai karena membiarkan orang tua atlet mengikuti mereka latihan. Akibatnya, mereka sempat menghalangi para pengguna jalan lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada pun latihan di jalan raya sebenarnya sudah ada prosedur yang dilakukan. Jadi kalau latihan di jalan raya itu harus ada laporan atau izin kepada otoritas terkait dan ada pengawalan," urainya.
 
"Pengawalan itu mestinya satu di depan dan satu di belakang. Dari penjelasan Pengprov Porserosi Jakarta, yang menjorok itu adalah orang tua atlet yang baru pertama kali ikut anaknya latihan, mestinya memang di tengah saja," jelasnya.
 
"Ini juga jadi catatan penting karena dari PB Porserosi melihat ada dua hal. Satu, perlu ada perbaikan kembali penataan prosedur yang dilakukan teman-teman yang harus betul-betul mengutamakan izin dan sebagainya dan kedua adalah keselamatan," tuturnya.
 
Tapi, Erawanto mengakui bahwa para atlet tersebut terpaksa berlatih di jalan raya lantaran minimnya fasilitas trek terbuka untuk sepatu roda. Apalagi, ajang marathon sepatu roda digelar di jalan raya.
 
"Kita juga sangat menyayangkan, artinya begini, negara tidak boleh mengharapkan mendapat emas, perak, perunggu, ataupun atlet bisa berprestasi kalau dukungannya kurang," tutupnya.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif