Menpora Zainuddin Amali (dua dari kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan sosialisasi DBON, didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (paling kiri), di Solo, Minggu, 28 November 2021. (Foto; Medcom.id/ Triawati)
Menpora Zainuddin Amali (dua dari kiri) memberikan keterangan pers usai melakukan sosialisasi DBON, didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (paling kiri), di Solo, Minggu, 28 November 2021. (Foto; Medcom.id/ Triawati)

Sosialisasi DBON, Kesejahteraan Atlet Turut Jadi Sorotan

Olahraga Olahraga Menpora Zainudin Amali Gibran Rakabuming Raka
Triawati Prihatsari • 29 November 2021 09:00
Solo: Kota Solo menjadi tuan rumah sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digelar Minggu sore, 28 November 2021. Sosialisasi dilakukan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali.
 
"Kita masih membicarakan soal kebijakan, belum bicara tentang implementasi. Ini barang baru, kita masif sosialisasikan karena kita mengejar waktu. Target jelas, Olimpiade per Olimpiade. Paris 2024 sudah dekat, jangan dianggap masih jauh. Target harus kita capai sehingga persiapan ke sana harus dilakukan dengan baik," ujar Menpora.
 
Dia menekankan, para pemangku kepentingan di daerah memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan DBON. Peraturan Presiden (Prepres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON menjadi panduan pembinaan olahraga untuk stakeholder olahraga termasuk kepala daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, mendampingi Menpora, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan Kota Solo siap menjadi destinasi sport tourism. Meskipun termasuk kota kecil, Solo meniliki venue olahraga lengkap.
 
"Saya mendukung penuh DBON dan Solo sebagai tuan rumah sosialisasi. Kita mendukung dan siap menjadi destinasi sport tourism karena kita memiliki venue lengkap," kata Gibran.
 
Di sisi lain, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho menyoroti kesejahteraan atlet masuk DBON. Pasalnya, masih banyak atlet hanya berjaya pada masanya.
 
"Masih cukup banyak atlet setelah tidak memiliki kecakapan itu, masa depannya sudah tidak cukup baik. Harapannya itu masuk desain besar olahraga nasional sehingga kejayaan atlet tidak hanya saat berjaya. Saya berharap DBON ini memberi kesejahteraan bagi para atlet," ungkapnya.
 
 
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif