Kemenpora Luncurkan Sepeda Nusantara 2018
Kemenpora resmi luncurkan Sepeda Nusantara 2018. Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta: Menpora Imam Nahrawi resmi meluncurkan salah satu program unggulan Kemenpora, Sepeda Nusantara 2018.

Peresmian tersebut dilakukan pada Sabtu, 12 Mei 2018. "Kita jadikan sepeda sebagai sarana untuk menyehatkan, mengokohkan persatuan, bahkan dengan bersepeda pasti kita akan lebih bisa menikmati alam yang lebih sehat. Komunitas bersepeda di mana-mana, mulai dari kelompok usia anak-anak, dewasa bahkan klub. Dan ini akan kita jadikan sebagai sarana untuk mengokohkan kita sebagai bangsa," ujar Menpora.

Sepeda Nusantara 2018 akan berlangsung pada Mei hingga November, di 34 provinsi yang melewati lebih dari 201 kabupaten/kota. Dari ratusan daerah tersebut, dibagi menjadi empat zona, yakni barat, selatan, utara, dan timur.


Menpora menilai, rute kali ini lebih menantang karena akan melewati berbagai pulau di Indonesia, mulai dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Jawa, dan berakhir di Bali. Untuk itu dibutuhkan fisik dan mental yang kuat guna menaklukkan jarak tempuh sekitar 6.700 km itu.

"Saya berharap di setiap rute dan di setiap persimpangan bisa mengeksplorasi kekayaan alam kita baik itu wisata, budaya, kuliner, atau apa saja yang bisa ditemui dalam perjalanan. Sehingga bersepeda itu menunjukkan kekayaan khazanah kita yang tiada tara dibanding dengan negara-negara lain," ucapnya. 

Kemenpora juga akan menggandeng kementerian lain guna mensukseskan Sepeda Nusantara 2018. "Sepeda Nusantara akan mengandeng kementerian lain, tentunya dengan berbagai macam dukungan karena ini juga sekaligus menggemakan Asian Games dan Asian Para Games," kata dia.

Sementara itu, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan bahwa ini adalah pertama kalinya Kemenpora memperkenalkan wajah baru program Sepeda Nusantara yang sebelumnya bernama Gowes Pesona Nusantara. Tujuannya, mengajak masyarakat Indonesia bersepeda supaya sehat dan bugar.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id