Novak Djokovic. (MATTHEW STOCKMAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
Novak Djokovic. (MATTHEW STOCKMAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

US Open 2020

Selain Didiskualifikasi, Djokovic Juga Kena Denda dan Pengurangan Poin

Olahraga novak djokovic us open
Kautsar Halim • 07 September 2020 10:22
New York: Insiden Novak Djokovic memukul hakim garis dengan bola di babak keempat US Open berbuntut panjang. Selain didiskualifikasi dari turnamen, dia juga kena denda USD250 ribu dan pengurangan poin. 
 
Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) membeberkan sanksi tersebut Djokovic meninggalkan lapangan pertandingan. Kemudian, untuk pengurangan poinnya dijelaskan berdasar pencapaian sang pemain di US Open belakangan ini.
 
Menurut USTA, sanksi diskualifikasi yang dijatuhkan kepada Djokovic sudah sesuai aturan Grand Slam yang menyebutkan sengaja memukul bola secara membahayakan, sembrono di dalam lapangan atau memukul bola dengan lalai dan mengabaikan akibatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena telah didiskualifikasi, Djokovic akan kehilangan semua poin peringkat yang didapatkannya di US Open. Kemudian, dia akan didenda dengan uang yang didapatkan pada turnamen ini, ditambah semua denda yang berhubungan dengan insiden tersebut," kata USTA seperti dikutip AFP.
 
Insiden terjadi ketika petenis nomor satu dunia itu tertinggal 5-6 pada set pertama kontra petenis Spanyol Pablo Carreno Busta. Djokovic yang tampak kesal tidak sengaja memukul bola ke arah sang hakim garis.
 
Hakim garis tidak menyangka bola bakal menghampirinya karena laga sedang jeda. Dia yang tadinya berdiri langsung duduk kesakitan sambil memegang lehernya yang kena bola.
 
Djokovic pun bergegas menghampiri sang hakim garis untuk mengecek kondisinya. Berselang beberapa menit kemudian, hakim garis perempuan itu mampu bangkit dan meninggalkan lapangan.
 
wasit melakukan diskusi sekitar 10 menit untuk merespons insiden tersebut. Dan hasilnya, umpire mengumumkan Carreno Busta sebagai pemenang karena laga tidak dilanjutkan. (ANT)

 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif