NEWSTICKER
Andy Wibowo-Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Andy Wibowo-Foto: Antara/Iggoy el Fitra

Ironman 70.3 Lombok 2020

Atlet Triatlhon Andy Wibowo Duta Ironman 70.3 Lombok 2020

Olahraga olah raga triathlon
Antara • 27 Februari 2020 19:38
Para peserta triathlon akan dimanjakan dengan panorama pesisir kawasan Senggigi dan Laut Bali, hingga pemandangan sekitar Gunung Rinjani yang terkenal.
 
Jakarta:
Atlet triatlon Andy Wibowo secara resmi ditunjuk sebagai duta Ironman 70.3 Lombok 2020 Indonesia, terkait ajang triathlon yang akan digelar pada 4 Juli 2020 di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.
 
Andy menilai Lombok menjadi lokasi yang ideal untuk gelaran kelas dunia seperti Ironman dan kompetisi ini akan memberi tantangan baru bagi para penggemar triathlon.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pertama tentu bangga menjadi duta Ironman 70.3 Lombok. Kedua, Lombok tempat yang ideal sebagai tuan rumah. Saya sudah beberapa kali berlatih di Lombok dan sangat menyukai lintasan yang akan dipakai," kata Andy melalui keterangan tertulis yang diterima Antara, Kamis 27 Februari 2020.
 
Kegiatan triathlon tersebut akan dimulai dan berakhir di Holiday Resort Lombok, diawali dengan renang sejauh 1,9 kilometer (1,2 mil), dilanjutkan dengan menempuh satu putaran bersepeda dengan jarak 90,1 km (56 mil), terakhir atlet melakukan transisi ke lintasan lari 21,1km (13,1 mil) sebanyak dua putaran.
 
Selama menyelesaikan ketiga etape itu, para peserta akan dimanjakan dengan panorama pesisir kawasan Senggigi dan Laut Bali, hingga pemandangan sekitar Gunung Rinjani yang terkenal.
 
Dengan jarak tempuh mencapai 113 kilometer atau 70,3 mil, Andy yakin Ironman 70.3 Lombok akan memberikan tantangan baru bagi para peserta triathlon yang semakin bertambah peminatnya.
 
Triathlon adalah lomba yang menggabungkan beberapa cabang olah raga ini (renang, bersepada, dan lari, terbagi ke dalam beberapa kategori, yaitu:
 
Sprint : 750 m berenang, 20 km bersepeda, 5 km berlari
Olimpik : 1.5 km berenang, 40 km bersepeda, 10 km berlari,
ITU (International Triathlon Union): 3 km berenang, 80 km bersepeda, 20 km berlari,
Half Ironman/70.3 : 1.9 km berenang, 90 km bersepeda, 21 km berlari, dan
Full Ironman : 3.8 km berenang, 180 km bersepeda, 42 km berlari.

Yang umum dilombakan adalah jarak Sprint dan Olimpik.

"Sekarang banyak pelari dan pesepeda yang mulai tertantang untuk mencoba olahraga ini. Bahkan, komunitas triathlon mulai bermunculan di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dan Bandung. Tapi saya berharapini tidak hanya menjadi sebuah tren saja," kata Andy.
 
Bahkan, lanjutnya, saat ini banyak atlet muda yang mulai menekuni olahraga ini dan itu langkah yang sangat bagus karena dalam usia yang muda mereka bisa mendalami tiga cabang olahraga, renang, sepeda, dan lari denganlebih merata, sehingga mereka punya potensi untuk menjadi triatlet yang lebih solid.
 
Lomba triathlon Ironman 70.3 Lombok menawarkan 60 slot kualifikasi untuk kelompok usia untuk Kejuaraan Dunia Ironman 70.3, 2020 yang berlangsung di Taupo, Selandia Baru, pada 28-29 November 2020.
 
Selain kategori individu, Ironman 70.3 Lombok juga menyediakan kategori tim estafet untuk memberi kesempatan pada para pemula yang ingin menjadi bagian dari lomba triathlon ini.
 
Video: Uji Coba Pengaspalan di Monas untuk Formula E

 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif