Tati Karhati (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)
Tati Karhati (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Bahagianya Tati Karhati Menjadi Penyumbang Emas Terbanyak

Olahraga catur Asian Para Games
Kautsar Halim • 12 Oktober 2018 21:14
Jakarta: Tati Karhati tak bisa menahan rasa gembira usai memastikan diri sebagai salah satu penyumbang emas terbanyak untuk Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. Prestasi itu ia pastikan lewat hari terakhir cabang olahraga para catur, Jumat 12 Oktober.
 
"Alhamdulilah, perasaannya saat ini bangga, senang, terharu, pokoknya campur aduk. Lega banget juga karena akhirnya bisa lewati Asian Para Games dengan baik," kata Tati usai bertanding di Cempaka Putih Sport Hall, Jumat (12/10/2018).
 
Tati menyumbang tiga emas dan satu perak setelah melalui enam hari penyelenggaraan event (7-12 Oktober). Dua emasnya diraih lewat nomor catur cepat individu dan beregu putri B1, sedangkan sekeping emas sisanya diperoleh dari nomor standard beregu putri B1.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Medali Emas Kedua dari Syuci untuk Indonesia
 
Tati menjelaskan, bukan tugas mudah untuk meraih prestasi itu. Sebab, dia harus meninggalkan keluarganya untuk pelatnas sekitar sembilan bulan di Solo dan lawan-lawan yang dihadapinya pun cukup tangguh. Tati sendiri merasa paling kesulitan ketika memainkan babak kelima, keenam, dan ketujuh nomor catur cepat.
 
"Pokoknya dari mulai hari pertama hingga terakhir, catur ini menegangkan sekali," pungkas Tati.
 
Baca: Leani/Khalimatus Bicara Emas, Target Paralimpiade dan Dukungan Suporter
 
Sumbangan tiga emas Tati hanya bisa disamai oleh rekan setimnya sendiri, yakni Hendi Wirawan, Edy Suryanto dan Debi Ariesta. Itu tak mustahil terjadi karena tiap satu nomor individu para catur, sekaligus juga memainkan nomor beregu.
 
Dengan adanya prestasi tiga emas itu, Tati juga berhak mendapat total bonus dari Kemenpora lebih dari Rp4 miliar. Rencananya, bonus itu akan ia gunakan untuk membangun kos-kosan, menghidupi keluarga, serta mengobati kedua orang tuanya yang perlu dioperasi.
 

Video: Peran Relawan di Asian Para Games 2018
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif