Jelang Asian Games 2018

Dua Negara yang Bisa Memupus Timnas BMX Meraih Medali

A. Firdaus 13 Maret 2018 08:08 WIB
olahragaasian games 2018
Dua Negara yang Bisa Memupus Timnas BMX Meraih Medali
Pembalap Timnas BMX. (Foto: Humas Kemenpora)
Sleman: Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Sepeda BMX menargetkan satu emas pada Asian Games 2018. Tapi untuk mewujudkan hal itu tak mudah. Sebab, ada dua negara yang bisa memupus harapan mereka.

Kedua negara tersebut di antaranya, Jepang dan Filipina. Menurut pelatih Timnas BMX Priyo Santoso, parameter kedua negara ini bukan lagi di Asia, melainkan ke Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan, Filipina punya pembalap andalan yang merupakan atlet naturalisasi yang bermukim di Amerika.

"Berdasarkan statistik, kami masih kalah dari Jepang. Target kami adalah perak, tapi kami berusaha terus untuk mendapatkan hasil terbaik, yaitu medali emas," ujar Priyo usai menyambut kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.


Untuk bisa menyaingi kedua negara tersebut, tentunya ada upaya yang dilakukan dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) sebagai induk organisasi Sepeda BMX. Salah satunya adalah dengan melakukan try out ke Belgia.

Baca: Menengok Persiapan Pelatnas Asian Games di Yogyakarta bersama Menpora


"Bulan depan kami akan ke Belgia, ke Eropa ada kejuaraan di sana. Kami akan di sana selama sekitar 1,5 bulan sebelum kejuaraan Asia di Thailand," sambung Priyo.

Skuat BMX saat ini diisi oleh empat rider. Satu putri melalui Elga Kharisma, sementara tiga putra ada Bagus Saputra, Toni Sarifudin, dan Rio Akbar. Mereka mendapatkan imbauan dari Menpora agar tak menyia-nyiakan kesempatan menjadi tuan rumah.

"Jangan ragu untuk mengatakan permasalahan karena bisa memengaruhi pikiran. Jadi harus disampaikan apa-apa saja yang kurang," ujar Imam.

Baca: Pelatnas BMX Tinggal Menunggu Trek di Pulo Mas Selesai


"Sudah lima bulan lagi, jaga fisik, tekadkan mental. Ini kesempatan kalian. Lawan terberat kalian adalah diri sendiri. Kalau ada beban langsung sampaikan kepada coach, federasi atau siapapun," tuturnya.

Pada SEA Games lalu, Indonesia menyumbangkan dua medali emas. Melalui Bagus di putra dan Elga di putri. Untuk itu meraih perak pada Asian Games nanti merupakan target yang realistis, namun demikian bukan tak mungkin jika emas bisa mereka dapatkan.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Novak Djokovic Dipermalukan Petenis Jepang pada Putaran Kedua



(ASM)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id