Suasana jumpa pers peluncuran WSBK 2023. (Foto: Medcom.id/Zam)
Suasana jumpa pers peluncuran WSBK 2023. (Foto: Medcom.id/Zam)

Bawa Banyak Dampak Positif, WSBK Indonesia Siap Kembali Bergulir di Sirkuit Mandalika

Kautsar Halim • 12 Januari 2023 19:39
Jakarta: Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group yang terdiri dari BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) meluncurkan ajang World Superbike (WSBK) Indonesian Round 2023 yang akan berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 3 - 5 Maret mendatang.
 
Sukses mengadakan event pertama dan kedua, kini WSBK Indonesia kembali hadir untuk ketiga kalinya pada 2023. Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengatakan, balapan WSBK 2022 yang sukes bergulir di Sirkuit Mandalika pada November tahun lalu telah membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah event internasional.
 
"Jumlah penonton yang menyentuh lebih dari 50.000 orang pada WSBK 2022 menunjukkan antusiasme publik pada gelaran dunia ini serta kepercayaan terhadap keamanan, kenyamanan, serta sarana dan prasarana di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit," kata Troy dalam jumpa pers di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis (12/1/2023). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karenanya, ITDC dan MGPA siap untuk kembali menyelenggarakan WSBK ketiga kalinya dan siap menunjukkan kemampuan Indonesia sebagai tuan rumah event kelas dunia WSBK, kali ini dalam membuka musim baru," tambahnya.
 
Pada tahun ini, Indonesia mendapatkan kehormatan menggelar seri kedua WSBK 2023 atau setelah seri pembuka di Phillip Island, Australia. Dengan begitu, para publik di Tanah Air mendapat kesempatan untuk melihat kesiapan para pembalap untuk memulai seri musim 2023. 
 
Acara peluncuran WSBK 2023 turut dihadiri juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, dan jajaran ITDC Group. Dalam kesempatannya berbicara, Bambang mengatakan bahwa event WSBK Indonesia memiliki banyak keuntungan.
 
"Hadirnya event WSBK turut mendorong berkembangnya ekosistem motorsport di Indonesia, membangun perekonomian NTB pada khususnya, serta menjadi country branding Indonesia kepada dunia," kata Bambang.
 
Mengamini pernyataan Bambang, Troy menjelaskan lebih lanjut bahwa ajang WSBK memang telah membantu penyerapan tenaga kerja, pelibatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), peningkatan okupansi rata-rata hotel di kawasan dan sekitarnya, omzet sejumlah pelaku wisata, hingga perputaran ekonomi sebesar Rp24,38 miliar. 
 
"Kehadiran WSBK 2023 kami yakini dapat kembali memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat seiring dengan pemulihan pariwisata pasca dicabutnya kebijakan PPKM," imbuh Troy.
 
Dampak positif event sport tourism yang telah berlangsung di The Mandalika seperti WSBK dan MotoGP juga dipertegas oleh Menparekraf Sandiaga Uno, "Selain jumlah rekor penonton, WSBK 2022 meningkatkan nilai PAD Lombok Tengah senilai 300 milyar, menyerap 6.900 tenaga kerja, dan meningkatkan rata-rata okupansi hotel mencapai 100%," kata Sandiaga.
 
Setelah WSBK Indonesian Round 3-5 Maret 2023, Pertamina Mandalika International Circuit juga dijadwalkan menjadi tuan rumah berbagai event internasional, termasuk Shell Eco
Marathon (1 – 10 Juli), Asia Road Racing Championship (11 – 13 Agustus), serta MotoGP (13 – 15 Oktober).
 
"Event World Superbike 2023 menjadi event internasional pembuka di tahun 2023 yang terselenggara di Pertamina Mandalika International Circuit. Melalui WSBK, diharapkan makin
banyak juga event-event internasional maupun nasional yang terselenggara di sirkuit kebanggaan Indonesia ini sehingga kegiatan di Pertamina Mandalika International Circuit terus
produktif," tutup Priandhi.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif