Aprilia Manganang kini menjadi laki-laki dengan nama Aprilio Perkasa Manganang (Medcom.id/Rendy Renuki H)
Aprilia Manganang kini menjadi laki-laki dengan nama Aprilio Perkasa Manganang (Medcom.id/Rendy Renuki H)

Dokter Bedah: Saluran Kencing Aprilia Manganang di Bawah Buah Zakar

Rendy Renuki H • 19 Maret 2021 15:45
Jakarta: Dokter Guntoro, spesialis bedah plastik rekonstruksi RSPAD Gatot Subroto, mengatakan mantan pevoli nasional, Aprilia Manganang, mengalami kelainan genetik hipospadia kategori berat. Hal itu disampaikan saat menjadi saksi sidang permohonan perubahan status Aprilia, Jumat, 19 Maret 2021.
 
Menurutnya, hipospadia adalah kelainan anatomi bawaan lahir yang dialami anak laki-laki. "Saluran kencing tidak berada di posisi normal. Aprilia posisi muara saluran kencingnya di bawah kantung buah zakar. Ini termasuk kategori berat," kata dr Guntoro, saat ditanya hakim Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Nova Laura.
 
Dia juga menuturkan telah melakukan pemeriksaan organ dalam dengan melakukan pencitraan resonansi magnetik (MRI). Hasil pemeriksaan memperlihatkan jika Aprilia yang kini resmi menjadi laki-laki tidak memiliki rahim dan indung telur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, dia pun menuturkan jika selama ini Aprilia tidak pernah mengalami menstruasi. Hasil pemeriksaan pun menemukan adanya penis dan kantong buah zakar.
 
"Malah kita menemukan prostat yang hanya dimiliki laki-laki. Posisi buang air kecil ini semakin memperkuat dugaan orang tua bahwa dia perempuan," lanjut dr Guntoro.
 
Selama menjalani pemeriksaan dan perawatan di RSPAD, Aprilila yang kini bernama Aprilio Perkasa Manganang ditangani langsung dr Guntoro. Pertemuan keduanya berlangsung pada 9 Februari 2021, di awal pemeriksaan.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif